Kuliner
Mengintip Manfaat Minuman 'Grass Jelly and Fresh Milk' untuk Kesehatan Grass jelly with fresh milk. (Foto Youtube/Janny Drink)

KETIKA hendak minum-minuman yang manis dan menyegarkan, biasanya godaannya cukup besar. Dalam satu pusat perbelanjaan, bisa ada lebih dari tiga gerai yang menjual minum-minuman manis. Selain kurang sehat untuk tubuh, biasanya minum-minuman manis ini juga dibanderol dengan harga yang setara dengan satu kali makan siang.

Karena sudah berjanji ingin mengurangi konsumsi gula demi kesehatan tubuh yang lebih baik di tahun yang baru, kamu pun memilih menu minuman grass jelly with fresh milk tanpa es dan gula yang biasanya menjadi varian yang 'paling sehat' ketimbang yang lainnya.

Di salah satu gerai penjual milk tea ternama, 'grass jelly and fresh milk' dimasukkan ke dalam kategori mood refresh yang diharapkan bisa menyegarkan pikiran dan meningkatkan suasana hati, mungkin dari pikiran-pikiran tentang banyaknya kandungan gula dan lemak yang kamu konsumsi dalam sehari.

Cincau memiliki banyak manfaat. (Foto christieaathome.com)
Cincau bermanfaat untuk tubuh. (Foto: christieaathome)

Lantas, apakah benar bahwa minuman ini sehat? Yuk kita cek satu-satu manfaat kesehatannya. Biasanya, minuman grass jelly and fresh milk dihidangkan tanpa gula dan es. Maka dari itu, bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, yakni susu fresh milk dan grass jelly alias cincau.

Grass jelly atau cincau merupakan topping minuman atau dessert tradisional yang populer di Asia, terutama Singapura, Indonesia, dan Tiongkok. Dikutip dari Dr Health Benefits, banyak orang yang tidak mengenal istilah black grass jelly atau grass jelly karena sudah akrab dengan sebutan cincau yang berasal dari bahasa Tiongkok.

Baca juga:

Petir Menyambar, 550 Domba Mati Seketika

Grass jelly biasanya disajikan dingin dan dicampur dengan topping lainnya. Teksturnya seperti jelly dan warnanya gelap, mulai dari hijau tua sampai hitam. Warnanya ini bergantung pada tanaman apa yang dijadikan sumber bahan bakunya. Di Indonesia, black grass jelly biasanya terbuat dari tanaman yang disebut Janggelan.

Menurut studi yang dilakukan Universitas Brawijaya dan dipublikasikan di jurnal Food And Public Health pada 2013, grass jelly biasanya digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan membantu melindungi diri dari diabetes dan penyakit hati.

Siapa yang suka memesan menu minuman ini?  (Foto christieaathome.com)

Siapa yang suka memesan menu minuman ini? (Foto: christieaathome)

Cincau juga bisa bertindak sebagai antioksidan dan melawan bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Studi lain juga mengatakan hal yang selaras. Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Engineering and Science Research ini berfokus pada manfaat utama black grass jelly atau cincau hitam yakni berasal dari sifat antioksidannya.

Studi lain yang dipublikasikan di Procedia Chemistry pada 2014 menemukan bahwa cincau hijau atau green grass jelly mengandung flavonoid yang juga bisa bisa meningkatkan kesehatan usus, mencegah diare, dan melindungi diri dari sariawan dan sakit maag, disamping manfaat umum dari cincau.

Baca juga:

Mikael Jasin Segera Rilis Catur Collection, Kopi Istimewa Cita Rasa Indonesia: Bumi, Senja, Pucuk dan Kamala

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa grass jelly yang hadir sebagai topping pada minuman 'grass jelly and fresh milk' memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Di sisi lain, laman Healthline menyebutkan bahwa susu sapi segar terbukti menjadi sumber vitamin dan mineral. Susu sapi segar mengandung potasium, vitamin B12. kalsium dan vitamin D, vitamin A, magnesium, zinc, dan thiamine (vitamin B1).

Jadi ketika ingin mengonsumsi minuman yang menyegarkan dan sehat ketika sedang berjalan-jalan, 'Grass Jelly and Fresh Milk', menjadi menu yang tepat yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan lupa untuk tidak menggunakan tambahan gula. (Shn)

Baca juga:

Intip Keseruan Babak Spirit Bar di ICiGSC

Penulis : annehs annehs
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
J-Hope BTS Jadi Salah Satu Penampil Utama di Lollapalooza 2022
ShowBiz
J-Hope BTS Jadi Salah Satu Penampil Utama di Lollapalooza 2022

J-Hope bergabung dengan penampil utama lain seperti Metallica, Dua Lipa, J. Cole, dan Green Day.

Sejak Digratiskan, PUBG Malah Untung
Fun
Sejak Digratiskan, PUBG Malah Untung

Mengalami peningkatan hampir tiga kali lipat dalam rata-rata pengguna aktif bulanan.

Ban Serep Mobil, Sering Terlupakan tapi Penting
Fun
Ban Serep Mobil, Sering Terlupakan tapi Penting

Ban serep siap membantu kamu di keadaan darurat.

Cara Dapatkan Healing Maksimal saat Liburan
Fun
Cara Dapatkan Healing Maksimal saat Liburan

memanfaatkan kesempatan liburan untuk bersantai dan melepas lelah.

Tahukah Kamu, Minum Coklat Bisa Buat Kamu Lebih Pintar Secara Instan Lo
Fun
Black Owl Dining & Libation Kembali Mengepakkan Sayapnya
Fun
Black Owl Dining & Libation Kembali Mengepakkan Sayapnya

Black Owl Dining & Libation telah resmi dibuka kembali di Golf Island Pantai Indah Kapuk.

Gushcloud International Gabungkan Sisi Dunia Nyata dan E-sports
Fun
Strategi Mengatasi Mom Shaming
Fun
Strategi Mengatasi Mom Shaming

Di luar sana ada banyak ibu muda yang berjuang menahan komentar pedas mertua terhadap pola asuh yang diaplikasikannya.

Justin Bieber Umumkan Idap Sindrom Ramsay Hunt, Apa Itu?
ShowBiz
Justin Bieber Umumkan Idap Sindrom Ramsay Hunt, Apa Itu?

Separuh wajah Justin Bieber lumpuh karena sindrom Ramsay Hunt.

'The Queen's Gambit' Mendominasi di Creative Art Emmys 2021
ShowBiz
'The Queen's Gambit' Mendominasi di Creative Art Emmys 2021

Daftar lengkap pemenang Creative Art Emmys 2021