Pakai Masker Double Lebih Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona?

annehsannehs - Selasa, 02 Februari 2021
Pakai Masker Double Lebih Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona?
Apakah efektif pakai dua masker? (Foto abc7NY)

DI tengah pandemi COVID-19, sudah tidak ada lagi istilah 'terlalu parno'. Bahkan, kita semua diimbau untuk selalu berhati-hati dalam menjaga kebersihan dan memenuhi protokol kesehatan, apalagi sejak adanya varian virus Corona baru yang diprediksi semakin kuat dan lebih cepat menyebar.

Mungkin kamu pun sering mendengar istilah menggunakan masker double atau dua lapis. Lantas, benarkah cara ini lebih efektif dalam mencegah penyebaran virus Corona?

Masker surgical (Foto: Tech ARP)
Masker surgical (Foto: Tech ARP)

Dilansir dari Healthline, Kepala Penasehat Medis Amerika Serikat Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa menggunakan dua masker adalah langkah yang lebih masuk akal daripada menggunakan satu masker. Fauci juga mengatakan bahwa menggunakan dua masker kemungkinan bisa memberikan perlindungan yang lebih tinggi terhadap penularan virus Corona.

Baca juga:

Mengumpat Jadi Tanda Kecerdasan dan Ketahanan Mental

Tidak hanya menurut Fauci, direktur pencegahan dan pengendalian sistem infeksi di Houston Methodist Hospital, Firas Zabaneh, MT (ASCP), CIC, CIE, juga berpendapat sama. Ia mengatakan kepada Healthline bahwa menggunakan dua masker bisa mencegah virus Corona lebih efektif.

Zabaneh mengatakan bahwa menggunakan dua masker sama saja dengan menambahkan layer filtrasi lebih banyak. Jika filtrasi semakin efisien, makin sedikit partikel yang bisa menembus masker.

Double masker. (Foto Detroit Free Press)
Double masker. (Foto Detroit Free Press)

Meski begitu, menggunakan dua masker bisa memberikan rasa aman yang palsu. Jika seseorang menggunakan dua masker berkualitas rendah, tindakan ini tidak begitu efektif. Jika tidak digunakan dengan baik dan sesuai, menggunakan dua masker malah bisa menimbulkan celah yang besar di bagian tepi.

Memang, efisiensi filtrasi menjadi salah satu aspek terpenting dalam masker saat ini. Meski begitu, ada faktor lain yang harus diperhatikan yaitu pas atau tidaknya masker ketika digunakan di wajah kita.

Baca juga:

Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh

"Ini bukan tentang kemampuan filter yang membatasi performa masker, melainkan ke-pas-an masker ke wajah dan seberapa besar kebocoran udara," ungkap asisten profesor di Binghamton University Mechanical Engineering, Scott Schiffres, kepada Healthline.

Masker pembunuh virus. (Foto Daily Mail)
Masker pembunuh virus. (Foto Daily Mail)

Ia menjalaskan bahwa surgical mask atau masker kedokteran sangatlah baik (>95% pada 0.1 um), tetapi pada kenyataannya, ada sekitar 20% udara yang menyelinap di antara masker dan masker lainnya sehingga tingkat efisiensinya menurun menjadi sekitar 80%.

Jadi jika ingin menggunakan dua masker sekaligus, gunakanlah masker berkualitas yang pas di wajah untuk mencegah udara yang menyelinap dari sela-sela. Di sisi lain, kamu juga harus menyadari bahwa menggunakan dua masker bisa membuatmu kesulitan bernapas. (SHN)

Baca juga:

Inovasi Terbaru, Masker 5 Lapis yang Membunuh 90% Partikel Corona

#Kesehatan #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan