Apakah Kurang Vitamin A Bisa Menyebabkan Kebutaan? Kebutaan bisa terjadi karena kurang vitamin A (Foto: Pixabay/

AGAR tubuh tetap sehat, seseorang membutuhkan jumlah nutrisi yang tepat. Kekurangan vitamin dan protein dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah hingga memengaruhi organ internal dan eksternal. Kadar vitamin yang rendah dapat membuka jalan bagi penyakit untuk berkembang di dalam tubuh.

Semua vitamin sangat dibutuhkan tubuh, tanpa terkecuali vitamin A. Hal itu karena vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan, pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, vitamin A terdiri dari dua jenis, retinol dan karotenoid, tergantung pada sumber makanannya.

Baca juga:

Ada Loh, Penyakit yang Bikin Jadi Kayak Vampir

Wortel mengandung vitamin A (Foto: Pixabay/klimkin)
Wortel mengandung vitamin A (Foto: Pixabay/klimkin)

Vitamin ini bermanfaat bagi kesehatan dengan berbagai cara. Dari menurunkan risiko kanker tertentu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengurangi risiko jerawat, mendukung kesehatan tulang, mendorong pertumbuhan serta reproduksi yang sehat dan sebagainya. Dari semua itu yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk kesehatan mata.

Agar dapat melihat tanpa gangguan apa pun, mata kamu perlu menghasilkan pigmen tertentu agar retina berfungsi dengan baik. Di sinilah vitamin A masuk. Vitamin ini juga bermanfaat dalam menyehatkan matamu, termasuk kornea. Menurut penelitian, vitamin A tetes mata telah terbukti efektif untuk perawatan mata kering.

Baca juga:

Mengenal Anuptafobia, Ketakutan Menjomlo

Sementara penelitian lainnya, suplemen vitamin A mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula lanjut sebesar 25 persen pada individu berusia di atas 50. Ketika dikombinasikan dengan vitamin antioksidan lainnya, vitamin A telah terbukti memainkan peran sentral dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan dari degenerasi makula (AMD).

Ternyata kurang vitamin A bisa menyebabkan kebutaan (Foto: Pixabay/StockSnap)
Ternyata kurang vitamin A bisa menyebabkan kebutaan (Foto: Pixabay/StockSnap)

Tapi apakah kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kebutaan? Dilansir dari Boldsky, jawabannya bisa saja. Hal itu karena untuk melihat dengan jelas mata perlu menghasilkan pigmen rhodopsin. Kekurangan vitamin A menghentikan produksi pigmen ini, yang pada akhirnya menyebabkan kebutaan malam hari.

Kurangnya jumlah vitamin A dalam tubuh juga dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia (AMD), yang merupakan penyebab utama kebutaan di negara maju. Kekurangan vitamin A juga menjadi penyebab utama kebutaan pada anak-anak, secara global. Sementara untuk perempuan hamil, kekurangan vitamin A menyebabkan kebutaan malam dan dapat berkontribusi pada kematian ibu saat melahirkan.

Baca juga:

Cabai Rawit Bermanfaat untuk Rambut Perempuan Berhijab, Panas Dong?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH