Apakah Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi? Jangan minum kopi berlebihan (Foto: Pexels/Dominika Roseclay)

APAPUN yang berlebihan tidak baik untuk kesehatanmu. Termasuk kopi sekalipun. Senikmat apapun secangkir kopi yang kamu minum, dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan untukmu.

Melansir healthline, mengonsumsi empat cangkir kopi dalam sehari baik untuk kesehatanmu. Usahakan jangan melewati batas itu, berlebihan. Tanda-tanda kamu berlebihan minum kopi dapat dilihat pada kondisi kesehatanmu, misalnya:

Baca juga:

Mencicip Kopi Gandja Racikan Jenderal Buwas

1. Sakit perut

Kebanyakan minum kopi bisa menyebabkan sakit perut (Foto: Pixabay/derneuemann)

Kopi sebenarnya memiliki efek pencahar yang berfungsi untuk melepaskan hormon yang membuat perut mempercepat aktivitas di usus besar. Minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan buang air besar, asam lambung, bahkan diare. Maka, jika perut kamu bermasalah, lebih baik kurangi minum kopi.

2. Merasa lelah pada hari berikutnya setelah minum kopi

Kebanyakan minum kopi membuatmu lelah sebelum tidur dan keesokan harinya (Foto Unsplash/a_d_s_w).

Betul! Kopi merangsang sistem saraf kamu karena kandungan kafeinnya. Kopi juga meningkatkan kinerja fisik hingga 11%-12%. Namun, terdapat sisi buruknya. Adenosine, unsur kimia yang ditemukan dalam kopi meningkat dan kemudian menurun.

Beberapa penelitian menemukan terlalu banyak minum kopi, bisa membuatmu merasa lelah dan tertidur. Kelelahan tersebut akan terasa hingga keesokan harinya.

3. Mengalami kecemasan

Kebanyakan minum kopi dapat membuatmu gelisah (Foto: Pixabay/Fotorech)

Kafein meningkatkan kewaspadaan dengan memblokir adenosin yang membuat kamu lelah. Namun, jika kamu memiliki dosis besar setiap hari, itu dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Kopi adalah pemicu pelepasan adrenalin yang dapat memengaruhi perilaku. Jika kamu merasa terlalu cemas dan gugup, bisa jadi kafein berlebihan penyebabnya.

Baca juga:

Bukan Cuma Jago Meracik Kopi, Seperti ini Sosok Barista Idaman

4. Mengalami insomnia

Kebanyakan minum kopi juga bisa membuat insomnia (Foto: medicalnewstoday.com).

Tidak diragukan lagi, kafein pada kopi tentu dapat memengaruhi tidur kamu. Kamu bisa terjaga karena minum kopi. Tapi, kalau terlalu banyak, kopi bisa membuatmu insomnia. Selain terjaga sepanjang malam, insomnia bisa membuat tubuhmu lelah di siang harinya.

5. Menjadi kecanduan

Jika kecanduan minum kopi, kesehatan tubuh menurun (Foto: precisionnutrition.com)

Kafein merupakan suplemen pembakar lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu meningkatkan metabolisme kamu hingga 3%-11%. Namun, penting untuk berhati-hati, karena beberapa orang tidak toleran terhadap kopi dan efek negatifnya jauh lebih banyak daripada positifnya.

Masalahnya adalah kamu dapat kecanduan kopi dan berhenti minum air putih yang sejatinya benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, sudah berapa banyak kopi yang kamu minum hari ini? (arb)

Baca juga:

Yuk Buat Secangkir Kopi yang Kamu Minum Menyehatkan


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH