Apakah Kamu Benar Mencintainya? Atau Hanya Sekedar Kasihan? Apa bedanya rasa cinta dan kasihan? (Foto: pixabay/Alexas_Fotos)

PERNAHKAH kamu bersama dengan seseorang lalu kamu merasakan bahwa seperti ada yang salah, hilang, atau kosong saat orang tersebut tidak lagi bersamamu? Atau pernahkah kamu berfikir bahwa peranmu disini hanyalah sebagai "obat penyembuh" baginya, dan kamu tidak tahu betul apakah kamu mencintainya atau tidak?

Jika kamu tidak mengetahui apa yang kosong dan apa yang salah, serta tidak bisa menjawab dengan jelas apakah kamu benar-benar mencintainya, bisa saja bahwa kamu hanya merasa kasihan terhadap orang ini.

Karena kamu sadar bahwa kamu tidak bisa meninggalkan orang ini karena kamu tahu, orang ini akan hancur dan sangat sedih tanpa kehadiran dirimu. Yuk kenali beberapa fakta ini untuk bisa mendeteksi perasaanmu yang sesungguhnya terhadap si dia!

1. Apa sih rasa kasihan?

Apakah Kamu Benar Mencintainya? Atau Hanya Sekedar Kasihan?
Kasihan dan cinta sama sama memberikan simpati. (Foto: pixabay/cuncon)

Menurut edtimes,in, rasa kasihan merupakan perasaan simpati yang mendalam terhadap seseorang yang sedang terluka atau tersiksa. Menurutmu, dia membutuhkan bantuan dan kamu hadir disisinya sebagai pasangan dan bersedia untuk memberikan pengobatan atau membantunya agar bisa berada di kondisi yang lebih baik.

Ini bukanlah hal yang salah, tetapi kamu harus sadar bahwa setiap orang memiliki masalah dan kamu tidak akan bisa memahami masalah orang lain dan bagaimana seharusnya masalah itu diselesaikan.

Niat kamu yang ingin hadir dan berbuat baik untuknya merupakan hal yang positif, tetapi jika kamu bersamanya hanya didasari rasa kasihan dan suatu hari nanti dia menyadari hal tersebut, ini tentunya bisa menyakiti perasaannya dan bisa memicu terjadinya masalah mental, insecurities, serta isu kepercayaan.

2. Setelah dia pulih, apakah kamu merasa cintamu semakin pudar?

Apakah Kamu Benar Mencintainya? Atau Hanya Sekedar Kasihan?
Apakah dia sedang dalam kondisi terluka ketika kamu mulai bersama? (Foto: pixabay/johnhain)

Setelah kamu berhasil menemani serta membantunya dalam masa-masa sulit, seiring berjalannya waktu akhirnya dia mulai bisa menerima kenyataan dan telah mampu menjalani kehidupannya dengan normal.

Jika dia telah sembuh dan sudah tidak lagi menghadapi masalah besar, pernahkah kamu juga merasa bahwa rasa cinta diantara kalian semakin pudar?

Jika ya, artinya ini merupakan tanda bahwa kamu cuma menaruh rasa kasihan dan bukan cinta yang terjalin diantara kalian.

3. Terasa ada yang salah

Apakah Kamu Benar Mencintainya? Atau Hanya Sekedar Kasihan?
Kamu merasa ada yang salah diantara hubungan kalian. (Foto: pixabay/waldryano)

Hati nurani dan firasat bukanlah sesuatu yang harus kamu abaikan. Jika selama menjalin hubungan, kamu merasa ada hal yang tidak benar dan kamu terus memikirkan tentang apakah kalian satu sama lain benar-benar ditakdirkan untuk bersama.

maka ini menjadi salah satu tanda bahwa kamu hanya simpati terhadap masalah yang dihadapinya, dan tidak benar-benar mencintainya. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH