Kesehatan

Apakah Kamu Alami Depresi atau Hanya Lelah? Berikut Perbedaanya

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Rabu, 01 April 2020
Apakah Kamu Alami Depresi atau Hanya Lelah? Berikut Perbedaanya
Beda depresi dan lelah (Sumber: Unspalash/Anthony Tran)

INSOMNIA banyak dialami oleh orang dewasa. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menunjukkan bahwa satu dari tiga orang dewasa tidak cukup tidur. Mereka yang tidur kurang dari tujuh jam cenderung memiliki masalah pada kesehatannya termasuk kesehatan mental. Permasalahan mental yang bisa dialami misalnya depresi.

Beberapa gejala depresi yang mudah dideteksi ialah gangguan konsentrasi, kehilangan energi dan motivasi, mudah marah, hingga memiliki masalah pada pola tidurnya. Mulai dari kurang tidur hingga terlalu banyak tidur.

Baca juga:

Awas! Depresi Bisa Bikin Ukuran Otak Menyusut

Ketika mengalami gejala-gejala tersebut, seseorang acapkali mendiagnosa dirinya sendiri mengalami depresi tanpa menemui tenaga profesional untuk mencari tahu lebih lanjut. Jangan salah! Ternyata gejala depresi mirip dengan gejala kelelahan karena kurang tidur.

Depresi
Beda depresi dan kurang tidur (Sumber: Independent)

Bagaimana caranya membedakan antara depresi dan kelelahan?

Seorang psikiater dan pakar tidur, Alex Dimitriu menjelaskan perbedaan antara kurang tidur dan depresi. Gejala utama kurang tidur yang tampak jelas adalah kantuk di siang hari. Sementara tanda-tanda dan gejala lain yang timbul misalnya nafsu makan meningkat, kelelahan, pelupa, penurunan libido, dan perubahan suasana hati.

Tidur
Kurang tidur (Sumber: Pixabay)

Baca juga:

Ingin Segera Terlepas dari Depresi? Mulailah Berolahraga

Sementara gejala depresi yakni insomnia, penurunan konsentrasi, kekurangan energi, perasaan putus asa atau bersalah, hingga pikiran untuk bunuh diri. "Garis antara depresi dan kurang tiur bisa kabur tergantung pada apa yang kamu rasakan dan alami," ujar Dimitriu.

Depresi
Depresi atau lelah? (Sumber: Kyle Broad)

Sebagai seorang psikiater, ia sering menanyakan akar masalah yang dialami oleh kliennya. Pertanyaan yang sering diajukan misalnya apakah pasiennya memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu tetapi kurang energi. "Orang yang depresi cenderung mengatakan bahwa mereka tidak peduli untuk melakukan berbagai kegiatan bahkan kegiatan yang menyenangkan sementara orang lelah seringkali masih memiliki minat untuk melakukan sesuatu," urainya.

Depresi condong pada rendahnya motivasi seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari bahkan untuk yang sederhana seperti makan malam bersama teman-teman atau pergi ke pusat kebugaran. Sementara kurang tidur hanya memengaruhi tingkat energi atau kemampuan fisik untuk melakukan hal-hal tersebut. (avia)

Baca juga:

Mengalami Depresi? 5 Cara ini Bisa Membantumu Kembali Bangkit

#Depresi #Depresi Ringan #Insomnia
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan