Apakah Jarang Terbang Selama Pandemi Bisa Kurangi Kesiapan Pilot? Lingkungan dunia nyata menciptakan tuntutan yang berbeda pada kru. (Foto: Pexels/Tanathip Rattanatum)

BANYAK maskapai penerbangan dan pekerja bandara diberhentikan atau cuti dalam beberapa tahun terakhir. Untuk beberapa dari mereka itu berarti kembali bekerja setelah sekian waktu istirahat paksa, kondisi itu sangat rumit bagi pilot. Bisakah waktu yang lama jauh dari kokpit mempengaruhi kepercayaan diri atau kinerja pilot?

Dalam sebuah laporan tentang insiden yang terjadi pada September 2021 di Bandara Aberdeen di Skotlandia, Air Accidents Investigation Branch (AAIB) Inggris mengatakan hal itu mungkin terjadi.

Baca Juga:

Berdamai Dengan Diri Sendiri, Kenapa Tidak?

pilot
Ketika pilot kehilangan currency, mereka harus menjalani pelatihan lagi, biasanya di simulator. (Foto: Unsplash/Blake Guidry)

Sebuah Boeing 737 yang mendekati bandara diperintahkan untuk "berkeliling", pendaratan yang dibatalkan di mana sebuah pesawat naik kembali, berputar-putar dan mencoba lagi. Ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti cuaca buruk atau hambatan di landasan.

Pesawat seharusnya naik hingga 3 ribu kaki sebelum terbang dalam lingkaran untuk mendekati landasan lagi. Tetapi sebaliknya malah menyimpang secara signifikan dari jalur penerbangan yang diharapkan, tulis laporan AAIB. Lalu. pesawat turun dengan cepat dan dengan peningkatan kecepatan udara yang tidak diinginkan dan dikoreksi cukup cepat. Butuh sekitar satu menit bagi pilot untuk memperbaiki kesalahan, sebelum mendarat dengan selamat.

Laporan tersebut mencatat bahwa kru tidak selalu terbang secara teratur dalam 18 bulan sebelumnya. Meskipun simulator penerbangan telah digunakan untuk membantu mempertahankan keterampilan mereka.

"Lingkungan dunia nyata menciptakan tuntutan yang berbeda pada kru. Ada kemungkinan bahwa peristiwa ini menggambarkan bahwa kurangnya paparan, baru-baru ini terhadap lingkungan dunia nyata dapat mengikis kapasitas kru untuk menangani tantangan tersebut secara efektif," demikian dinyatakan dalam laporan yang diberitakan CNN.

Laporan itu juga menyatakan bahwa manfaat keselamatan dari pelatihan simulator sudah mantap. Namun, juga menggarisbawahi bahwa ada hubungan yang belum ditetapkan antara peristiwa itu dan kurangnya jam penerbangan, tetapi laporan mengatakan bahwa hal itu jelas merupakan satu kemungkinan.

Meskipun laporan itu hanya menunjukkan hubungan antara peristiwa tersebut dan kurangnya penerbangan. Paul Dickens, psikolog di Core Aviation Psychology, yang menyediakan layanan psikologis untuk maskapai penerbangan, percaya bahwa, "Tentu saja menurut saya, bahwa ini dan sejumlah insiden lain yang terjadi sebelumnya, dalam pandemi cukup banyak terkait langsung dengan kurangnya praktik terbang langsung di kehidupan nyata."

Pada Juli 2020, International Air Transport Association (IATA) merilis pemberitahuan untuk menginformasikan industri penerbangan tentang peningkatan jumlah "pendekatan tidak stabil.". Atau upaya pendaratan di mana kecepatan, arah, atau tingkat penurunan pesawat tidak benar. Peristiwa ini terjadi lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tingkat pra-pandemi.

Dalam bocoran memo yang diperoleh pers Australia, maskapai nasional Qantas merinci kesalahan yang dibuat oleh pilotnya setelah lama tidak aktif karena COVID-19. Seperti memulai lepas landas dengan rem masih menyala.

Baca Juga:

PHRI Yakin 2022 Jadi Momentum Baik untuk Pariwisata

pilot
Laporan tersebut mencatat bahwa kru tidak selalu terbang secara teratur dalam 18 bulan sebelumnya. (Foto: freepik/wavebreakmedi)

Laporan serupa telah muncul dari seluruh dunia, umumnya melalui Aviation Safety Reporting System NASA. Sebuah platform di mana para profesional industri dapat mencatat insiden secara anonim, untuk didiskusikan oleh komunitas yang lebih luas.

Analisis CNN terhadap platform tersebut menemukan beberapa kesalahan terkait COVID-19, salah satunya melibatkan pendaratan pesawat tanpa izin. "Sejak wabah COVID-19, saya tidak terbang sesering sebelumnya. Saya percaya ini adalah faktor dalam insiden ini," tulis salah satu pilot dari penerbangan itu.

Menurut Dickens, siapa pun yang belum mempraktikkan keterampilan mereka di dunia nyata akan mengalami beberapa tingkat penurunan keterampilan. Tetapi itu tidak khusus untuk pilot dan terjadi dalam profesi apa pun, "Itu terjadi pada siapa saja yang memiliki waktu istirahat kerja, terlebih lagi selama pandemi, ketika waktu istirahat itu adalah waktu yang tidak biasa."

Biasanya, pilot perlu mencatat sejumlah lepas landas dan pendaratan setiap 90 hari dan lulus evaluasi pelatihan semi-tahunan untuk menjaga "currency" mereka. Istilah ini digunakan dalam industri penerbangan untuk menunjukkan pengalaman terkini.

Patrick Smith, seorang pilot maskapai yang menerbangkan Boeing 767 dan penulis buku dan blog populer 'Ask the Pilot', setuju bahwa kekurangan "currency", dalam profesi apa pun, dapat memengaruhi kinerja dan tingkat persiapan. Namun, dia berhenti menyebutnya sebagai masalah keamanan.

"Saya pikir ini adalah diskusi terbuka, tapi mungkin tidak sampai orang dituntun untuk percaya. Keterampilan berkarat tertentu akan tetap ada, tidak ada jalan lain untuk itu. Apakah itu berarti penerbangan menjadi tidak aman? Tidak," katanya.

Ketika pilot kehilangan "currency", mereka harus menjalani pelatihan lagi, biasanya di simulator. Termasuk evaluasi fisik dan psikologis, meskipun tidak ada aturan universal untuk kapan dan bagaimana ini terjadi.

"Ini bervariasi menurut maskapai dan negara. Di UE [tempat saya bekerja] semua pilot harus melalui penilaian psikologis sebelum memulai operasi lini dan saya melihat banyak pilot kembali terbang yang sering melakukan hal-hal lain selama dua tahun sekarang," demikian Dickens. (aru)

Baca Juga:

Penyebab Indikator Rem Tangan Mobil Terus Menyala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Herbal Penangkal Hairfall
Hiburan & Gaya Hidup
Herbal Penangkal Hairfall

Ada beberapa penyebab kerontokan rambut.

Kehabisan Topik Ketika Chat dengan Gebetan? Ini Solusinya
Fun
Diet Militer Cara Cepat Langsing
Fun
Diet Militer Cara Cepat Langsing

Diet militer ini membutuhkan disiplin yang ketat.

Jenama Kecantikan Tegaskan Komitmen Mendukung Perempuan dalam Industri Sinema
Fun
Jenama Kecantikan Tegaskan Komitmen Mendukung Perempuan dalam Industri Sinema

Perempuan juga bisa berkarier dalam bidang sinema.

Ungkap Rasa Syukur kepada Tuhan, Titi Radjo Padmaja Rilis Single ‘Flow’
ShowBiz
Ungkap Rasa Syukur kepada Tuhan, Titi Radjo Padmaja Rilis Single ‘Flow’

Flow merupakan bentu rasa syukur Titi kepada Tuhan.

Perhatikan, Kostum Halloween ini dapat Menyinggung Kelompok Tertentu
Fun
Microsoft Bawa Beberapa Gim Activision Blizzard ke Nintendo Switch
Fun
Microsoft Bawa Beberapa Gim Activision Blizzard ke Nintendo Switch

Microsoft tidak akan memblokir si developer untuk merilis gim di lain konsol.

‘Dengar Alam Bernyanyi’ Terpilih Jadi Official Theme Song Y20 2022
ShowBiz
‘Dengar Alam Bernyanyi’ Terpilih Jadi Official Theme Song Y20 2022

Dengar Alam Bernyanyi selaras dengan misi Y20 2022.

Realme C35 Siap Mewarnai Ramadan dengan Penuh Gaya
Fun
Realme C35 Siap Mewarnai Ramadan dengan Penuh Gaya

Realme C35 memiliki desain trendi dan teknologi mumpuni.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Fun
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Minyak kelapa telah terbukti membantu sangat bermanfaat.