Apakah Instagram Mulai Mempengaruhi Kesehatan Mentalmu? Instagram mempengaruhi kesehatan mental (Foto: Pexels/Pixabay)

KEPOIN feed Instagram orang lain memang bikin nagih. Namun, kamu harus hati-hati, hal itu bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu. Postingan-postingan mereka yang teramat bahagia saat liburan misalnya, itu membuatmu membandingkan hidupmu dengan orang lain.

Kamu akan merasa hidupmu tak sebahagia orang lain. Hidupmu terasa biasa-biasa saja. Padahal, asal kamu tahu, bukan berarti postingan bahagia di Instagram mereka sama dengan realita. Kenyataan di balik layar ponsel tak seindah di dunia maya.

Baca juga:

Media Sosial Pengaruhi Keputusanmu dalam Hal Kesehatan, ini Efek Positif dan Negatifnya

Alhasil, kamu akan mulai melakukan sistem 2C pada media sosial, yakni comparing dan consuming. Comparing artinya kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Bentuk tubuh orang lain di media sosial terasa lebih sempurna dibandingkan tubuhmu.

Kemudian, consuming berarti kamu mengonsumsi media sosial terlalu berlebihan. Kapanpun waktu kosongmu, akan kamu gunakan untuk mengonsumsi media sosial. Kamu akan selalu sibuk memantau postingan dan story Instagram temanmu, bahkan orang yang tak kamu kenal.

Nah, mulai sekarang, kurang-kurangi deh mengeksplore Instagram orang lain. Soalnya, seperti yang dirangkum dari berbagi sumber, kamu bisa merasakan dampak negatif berikut ini:

1. Depresi dan Mudah Cemas

Depresi dan Mudah Cemas
Kamu akan merasa cemas, kemudian depresi (Foto: Pexels/Engin Akyurt)

Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial atau instagram membuatmu menderita kecemasan dan depresi. Pada kasus yang sudah pernah terjadi, penderita pun mengakui bahwa media sosial merupakan penyebab mereka depresi.

2. Bisa Menciptakan Perasaan Cemburu dan Dendam

Menciptakan Perasaan Cemburu dan Dendam
Rasa iri akan membuatmu dendam (Foto: Pexels/Luizclas)

Tanpa kamu sadari, rasa iri dapat membuatmu menaruh rasa dendam terhadap orang lain karena postingan Instagramnya. Tidak menutup kemungkinan, ujung-ujungnya kamu akan membully orang tersebut di dunia maya. Begitu pula di dunia nyata.

Baca juga:

Perkembangan Teknologi yang Menjadi Negatif di Tangan Remaja

3. 'Negative Image'

Negative Image
Kamu akan minder (Foto: Pexels/Dids)

Di dunia media sosial, semua orang fokus pada bagaimana cara mereka berpakaian atau lainnya. Banyak profil selebriti yang menggunakan pakaian dengan harga selangit dan selalu terlihat bagus saat di foto. Kamu yang melihatnya, akan merasa bahwa kamu tak pernah bisa secantik selebriti itu.

4. Ekspektasi Tidak Realistis

Ekspektasi Tidak Realistis
Jumlah followers yang tak sesuai ekspektasi membuatmu kecewa (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Media sosial membuat kamu menciptakan ekspektasi yang tidak masuk akal. Saat ini, banyak orang yang terobsesi pada jumlah followers atau likes yang didapatkan. Semua hal itu membuatmu kecewa jika jumlah followers dan likes yang kamu punya tidak sesuai ekspektasi. Jadi, 'jujur' saja deh dengan akun Instagram yang kamu punya.

Yuk sahabat Merah Putih, mulai kurangi pemakaian Instagram. (bfm)

Baca juga:

Jangan Julid di Media Sosial, Efeknya Bisa Membahayakan Jiwa Orang



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH