Apakah Berbahaya Memakai 'Pantyliner' Setiap Hari? Yuk Temukan Jawabannya Pantyliner jadi produk untuk merawat kebersihan organ intim wanita (foto: pixabay/soysuperfer)

PANTYLINER merupakan benda yang sangat akrab dalam kehidupan perem,puan. Namun apakah pantyliner aman jika digunakan setiap hari? Sebelumnya, kita perlu tahu dulu kegunaan dari pantyliner ini.

1. Kegunaan pantyliner

Perlukah menggunakan Pantyliner setiap hari
Pantyliner berguna menyerap cairan miss v (foto: hellosehat.com)


Pantyliner adalah salah satu produk kewanitaan untuk menjaga kebersihan vagina. Bentuk pantyliner yang lebih kecil dari pembalut membuatnya jadi lebih praktis untuk dibawa dan digunakan. Seperti yang kamu tahu, miss v akan mengeluarkan cairan yang berguna untuk membersihkan secara alami.

Hal ini pasti akan menggangu aktivitas dan membuatmu tidak nyaman. Nah dengan pantyliner, celana dalammu tidak akan jadi basah atau lembab karena cairan akan diserap oleh pantyliner.

Selain itu, ketika menstruasi sudah selesai terkadang masih ada flek atau noda yang masih keluar. Daripada menggunakan pembalut yang besar, pantyliner bisa jadi pilihanmu.

2. Risiko penggunaan setiap hari

Perlukah menggunakan Pantyliner setiap hari
Penggunaan secara berlebihan bisa menimbulkan iritasi dan infeksi (foto: haibunda.com)


Pantyliner sangat berguna untuk wanita, tapi pertanyaannya apakah pantyliner boleh digunakan setiap hari? Jawabannya lebih baik tidak karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Penggunaan pantyliner secara terus menerus bisa menimbulkan iritasi. Karena biasanya pantyliner tidak dibuat dengan bahan yang lembut kulit sehingga gesekan dengan pantyliner berisiko menimbulkan iritasi.

Produk pantyliner juga sering dicampur dengan bahan kimia pemutih atau pewangi, maka kemungkinan terjadinya iritasi akan lebih besar. Tidak hanya itu, penggunaan pantyliner bisa menghalang sirkulasi udara di area miss v dan membuatnya jadi lembab.

Kondisi lembab ini akan membuat jamur dan bakteri penyebab infeksi bisa lebih cepat berkembang.

3. Penggunaan pantyliner yang benar

Perlukah menggunakan Pantyliner setiap hari
Seringlah mengganti pantyliner secara rutin (foto: alodokter.com)


Sebenarnya, akan lebih baik kalau kamu tidak menggunakan pantyliner setiap hari. Namun jika kamu memang membutuhkannya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama, jangan lupa memilih produk pantyliner yang berpori sehingga ada sirkulasi udara untuk mencegah kelembapan. Kemudian sering-seringlah mengganti pantyliner minimal empat jam sekali.

Dan terakhir, pastikan tanganmu bersih ya sebelum dan sesudah memakai pantyliner. Jika penggunaan pantyliner membuat pengingkatan cairan miss v, bau tidak sedap dari miss v, dan nyeri saat buang air kecil lebih baik kamu segera menghentikan dulu pemakaian pantyliner dan berkonsultasi dengan dokter. (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH