Apa yang Salah dengan Mohamed Salah? Mohamed Salah (zimbio)

MerahPutih.com - Liverpool membawa pulang satu poin setelah menahan imbang tuan rumah Manchester United pada pekan ke-27 Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu (24/2) WIB. Hasil yang membawa The Reds kembali ke puncak klasemen Premier League, unggul satu poin dari Manchester City.

Meraih satu poin di kandang lawan tentu merupakan hasil positif. Namun di sisi lain, tidak sedikit yang menganggap hasil yang diraih Liverpool ini tidak optimal. Liverpool disebut membuang kesempatan emas untuk membawa pulang tiga poin. Hal ini karena dalam laga ini, Liverpool menghadapi Manchester United yang sedang pincang, menyusul cederanya tiga pilar mereka, Juan Mata, Marcus Rashford, dan Jesse Lingard.

Kenyataan di atas lapangan, Liverpool gagal memanfaatkan keuntungan yang mereka dapatkan. Malah, justru United yang memiliki peluang emas membuat gol. Usai laga, satu pemain Liverpool yang mendapatkan sorotan, Mohamed Salah.

Penyerang yang sudah mengoleksi 17 gol di Premier League musim ini mati kutu dikawal Luke Shaw. Mesin gol yang diharapkan The Reds, seperti berhenti bekerja. Bahkan, Salah bisa dikatakan menjadi kartu mati bagi Liverpool dalam laga tersebut.

Sepanjang pertandingan, Salah tercatat 14 kali kehilangan bola dari 41 kali sentuhan. Dan, hal ini dikatakan menjadi masalah besar bagi Liverpool sepanjang laga.

"Tiap kali bola ke Salah, dia kehilangan bola. Jadi Liverpool tak bisa membangun serangan," ujar eks Liverpool, Jamie Carragher dikutip SkySports.

Performa minor Salah juga diakui oleh sang manajer, Jurgen Klopp. “Mo tahu dia bisa bermain lebih baik daripada yang dia lakukan hari ini. Kita tahu dia bisa,” ujar Klopp, di laman resmi Liverpool.

Rapor Jelek Lawan Man United

Mohamed Salah (zimbio)
Mohamed Salah (zimbio)

Bagi Salah, performa buruknya kemarin seakan mengukuhkan anggapan dia selalu kesulitan saat melawan klub berjuluk Setan Merah. Kini, Salah sudah menjalani empat laga melawan Manchester United dan di semua laga itu dia gagal membuat gol, juga assist.

Total, penyerang Mesir berusia 26 tahun itu sudah tampil 337 menit tanpa gol melawan United. Dari empat laga, satu kali Salah merasakan kemenangan dan kekalahan, sisanya berakhir imbang.

Catatan ini tentu bertolak belakang saat Salah melawan Bournemouth atau Watford. Kedua klub tersebut merupakan yang paling banyak dibobol salah, enam kali. Sedangkan untuk tim papan atas, Arsenal menjadi yang paling sering menjadi korban Salah dengan empat gol dan tiga assist.

Di luar Arsenal, Salah tak hanya kesulitan membuat gol ke gawang Man Utd. Dia juga acap sulit menjebol klub-klub penghuni enam besar Premier League.

Salah hanya mampu mencetak satu gol dalam delapan kali pertemuan melawan Manchester City, Tottenham Hotspur, Man Utd, Chelsea, dan Arsenal musim ini. Kondisi ini berbeda dengan apa yang terjadi musim lalu, ketika Salah mampu membuat tujuh gol dalam 10 laga melawan tim-tim tersebut.

Di sisa musim ini, Liverpool masih akan menghadapi Tottenham dan Chelsea. Tentu Salah punya waktu untuk membenahi performanya di laga besar. Namun, semua laga adalah "Big Match" bagi Liverpool saat ini. Liverpool sangat membutuhkan Salah di sisa musim ini. (bolaskor.com)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH