Apa yang Dimaksud "404 Page Not Found"?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 01 Juli 2017
Apa yang Dimaksud
"404" merupakan kode HTTP yang menunjukkan laman web tidak bisa ditemukan (Foto: flexiblewebdesign)

Anda yang sering browsing internet pasti pernah menemukan tulisan "404 Page Not Found". Biasanya tulisan tersebut muncul ketika Anda tidak bisa mengakses sebuah situs. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa maksud dari tulisan tersebut? Mengapa harus angka "404"? Simak ulasannya berikut ini.

Sebenarnya, angka "404" merupakan suatu kode Hypertext Transfer Protocol (HTTP). HTTP adalah sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara dua perangkat, seperti server internet dan komputer Anda.

Sebelum data terkirim, server akan mengirim sejumlah HTTP Header, yang merupakan status kecil mengenai alamat web yang Anda minta. Jika laman web tersebut tidak tersedia, akan muncul kode status "404".

Lebih lanjut, angka "404" tersebut memiliki maksud. Angka 4 pertama menjadi kode untuk memberitahukan kesalahan pada client. Dengan demikian angka "4" pertama merupakan respons dari kesalahan pada permintaan laman web, seperti ejaan alamat yang salah.

Lalu, angka "0" mengacu pada syntax yang salah. Hampir sama pada maksud angka "4" pertama yang menandakan kesalahan dalam pengejaan alamat web.

Kemudian, angka "4" terakhir menunjukkan kesalahan dalam alamat internet. Jika kode "403" artinya laman tersebut terlarang, maka "404" artinya laman tersebut tidak dapat ditemukan.

Kesimpulannya, "404" merupakan sebuah kode pada kode HTTP. Jika Anda menemukan tulisan tersebut, mungkin Anda bisa mencoba beberapa solusi. Misalnya, memuat ulang laman web tersebut, mencari menggunakan mesin pencari, dan mengetik kembali alamat web lebih teliti—karena bisa saja Anda yang salah mengetik. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menghubungi kontak dari situs web terkait.

Adapun beberapa kode HTTP lainnya adalah sebagai berikut:

-200 OK
-201 Permintaan berhasil dibuat
-202 Permintaan berhasil diterima

-301 Dipindah permanen
-302 Ditemukan
-303 Lihat lainnya

-402 Dibutuhkan pembayaran
-403 Terlarang
-404 Tidak ditemukan

#Tips & Trik #Teknologi Informasi #Internet #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan