Apa Saja yang Dibelanjakan Mark Zuckerberg dengan Rp1 quadriliun Mark Zuckerberg. (Foto: vebma)

BAGAIMANA pemilik Facebook dan isterinya Priscilla Chan menghabiskan uang senilai Rp 1 quadriliun itu?

Mark Zuckerberg adalah orang terlima terkaya di dunia versi Bloomberg. Namun agaknya tidak menyiratkan dirinya sebagai orang kaya kalau dilihat kesehariannya.

Sebagai orang kaya Zuckerberg sepertinya tidak memiliki gaya yang berlebihan. Penampilannya selalu dengan kaos abu-abu dan hoodie. Namun sebenarnya busananya itu berasal dari butik terkenal. Konon harganya lebih mahal dari yang terlihat.

Mobil yang dipakai oleh Zuckerberg dan Chan hanyalah Acura TSX, Volkswagen dan Honda. Semua mobil itu harganya di bawah Rp400 juta.

Namun urusan tempat tinggal agaknya Zuckerberg agak jor-joran. Tahun 2011 ia membeli tanah seluas 5 ribu kaki persegi di Palo Alto seharga Rp95 miliar. Konon rumahnya merupakan rumah pintar dengan kecerdasan buatan. Setahun kemudain ia mulai membeli properti-properti yang ada di sekelilingnya seharga Rp400 miliar.

Ia juga memiliki properti di San Fransisco seluas 5500 kaki persegi. Untuk merenovasinya ia merogoh kocek sekitar Rp13 miliar.

Tahun 2014, Zuckerberg membeli dua properti di pulau Kauai, Hawaii, yakni bekas perkebunan tebu Kahu'aina seluas 357 acre. Kemudian pantai Pila'a yang berpasir putih sejauh 393 acre. Ia membayar dua properti itu lebih dari Rp1 triliun. Alasannya membeli dua properti di pulau itu untuk menjaga keindahan alamnya.

Zuckerberg jarang berpergian, namun sekali bepergian ia menghabiskan uang sebesar Rp67 miliar di tahun 2015. Biaya itu meliputi keamanan dan transportasi.

Zuckerberg adalah anggota dari Giving Pledge bersama Bill Gates, Warren Buffett dan 100 triliuner lainnya. Semua anggotanya berjanji menyumbangkan semua kemakmurannya untuk kemanusiaanya. Ia merencanakan menjual 99% sahamnya di Facebook sepanjang hidupnya.

Keuntungan yang di dapat dari saham menunjukan grafik naik setiap tahun. Untuk itu ia mendorong percepatan penjualan sahamnya untuk mendanai Yayasan The Chan Zuckerberg Initiative. Rencananya ia akan menjual 35 sampai 75 juta sahamnya dalam 18 bulan ini. Itu akan memberikannya dana segar sebesar Rp 81 triliun sampai Rp1 quadriliun. Dana itu akan digunakan yayasannya yang fokus pada pendidikan, pengobatan, koneksi dan menguatkan komunitas. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH