Kesehatan
Apa Saja Diet yang Dibenci Ahli Gizi? Banyak ahli gizi membenci apa pun yang dikenal sebagai diet. (Foto: nutritionpro.net)

DENGAN begitu banyak diet dan tren makan yang tersedia, mudah untuk menjadi bingung mana yang bagus dan mana yang tidak? Menurut sejumlah ahli gizi, ternyata banyak dari tren diet itu tidak terlalu bagus untuk kesehatan atau untuk menurunkan berat badan. Faktanya, banyak ahli gizi membenci apa pun yang dikenal sebagai "diet".

“Diet adalah iklan yang berbahaya dan palsu untuk menurunkan berat badan yang tidak bertahan lama,” kata Erin Treloar, pelatih kesehatan dan pendiri Raw Beauty Reset seperti diberitakan Sheknows.com (4/9).

Baca Juga:

Enaknya 5 Sajian Khas Vietnam Peningkat Imunitas Tubuh

diet
Statistik menunjukkan bahwa 80 persen diet gagal dalam 12 bulan pertama. (Foto: Unsplash/Total Shape)

“Statistik menunjukkan bahwa 80 persen diet gagal dalam 12 bulan pertama. Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet sebenarnya merupakan prediktor yang konsisten untuk kenaikan berat badan di masa depan. Apa yang rumit tentang industri diet, adalah bahwa hal itu sangat terkait dengan dunia kesehatan dan kebugaran sehingga sering kali orang yang berdiet percaya bahwa mereka mengambil langkah-langkah sehat. Hidup mereka kemudian hanya fokus pada makanan dan tidak berhasil mempertahankan hasil apa pun yang mereka dapatkan,” Treloar menjelaskan.

Berikut beberapa pendapat ahli gizi tentang beberapa tren diet paling umum.

1. Diet Nol Karbohidrat dan Diet Keto

diet
Pembatasan karbohidrat adalah pendekatan yang tidak sehat untuk kesehatan perempuan. (Foto: facesoman.com)

“Tren zero-carb menciptakan ketakutan irasional terhadap semua karbohidrat dan tidak ideal untuk kesehatan perempuan,” Maritza Worthington, ahli gizi fungsional dan spesialis hormonal, mengatakan kepada SheKnows.

“Pembatasan karbohidrat adalah pendekatan yang tidak sehat untuk kesehatan perempuan karena diet rendah karbohidrat dapat menjadi bumerang dan memengaruhi hormon dari waktu ke waktu,” dia menambahkan.

Ketika kamu tidak mendapatkan cukup glukosa dari karbohidrat kompleks, kadar kortisol meningkat, yang menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan memengaruhi kesuburan. Ketika hormon stres, kortisol, meningkat, ini dapat menekan tiroid, meningkatkan estrogen, dan memperlambat metabolisme.

Untuk menghindari hal tersebut, Worthington merekomendasikan untuk memasukkan secangkir sumber karbohidrat seperti ubi jalar, pisang raja, sayuran, dan biji-bijian yang bertunas dalam menu harian. “Karbohidrat kompleks bukanlah musuh!” dia menekankan.

Hal yang sama terjadi pada diet keto yang sebenarnya pada awalnya dirancang untuk penderita epilepsi dan sebenarnya mengandung lebih banyak lemak daripada diet yang diikuti orang-orang akhir-akhir ini.

Brittany Lubeck, MS, RD dan konsultan nutrisi di Oh So Spotles mengatakan, “Jadi, sungguh, orang yang mengikuti diet keto untuk menurunkan berat badan tidak mengikuti diet yang benar.” Diet keto saat ini, kata Lubeck, sangat rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi protein. Ada banyak masalah dengan diet keto, katanya, tetapi yang paling umum menurutnya adalah distribusi makronutrien.

2. Diet Kalori

diet
Penghitungan kalori menyesatkan karena tidak semua kalori diciptakan sama. (Foto: which.co.uk)

Worthington juga bukan penggemar penghitungan kalori. “Penghitungan kalori adalah perangkap utama karena mengurangi nutrisi ke kuantitas daripada kualitas. Sama seperti kamu tidak boleh terobsesi dengan angka pada timbangan, hal yang sama berlaku untuk kalori,” katanya.

“Penghitungan kalori menyesatkan karena tidak semua kalori diciptakan sama. Misalnya, tiga cangkir brokoli mengandung 122 kalori, yang hampir sama dengan permen patty peppermint. Namun, ini bukan hanya tentang kalori yang masuk dan keluar, ini benar-benar tentang kepadatan nutrisi dan menghindari makanan olahan sama sekali,” dia menjelaskan.

Seperti yang ditunjukkan oleh Worthington, makanan utuh seperti brokoli mengandung nutrisi seperti sulforaphane yang benar-benar membantu membantu hati membersihkan kelebihan hormon seperti estrogen dengan lebih efisien, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dan metabolisme yang sehat, “Sebagai masyarakat, kita perlu mulai memikirkan makanan karena nilai gizinya, daripada mengambil pendekatan reduksionis nutrisi dengan penghitungan kalori.”

Baca Juga:

Casu Marzu, Keju Paling Berbahaya di Dunia

3. Diet Detoks/Jus

diet
Seberapa banyak berat badan yang kamu turunkan dengan detoks akan segera kembali. (Foto: 123RF/dolgachov)

“Detoks setelah liburan sama sekali tidak perlu. Dua organ utama, hati dan ginjal, mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh kita setiap hari setiap saat,” kata Lubeck.

Diet detoks dan pembersihan yang biasanya meminta orang untuk hanya minum semacam ramuan selama beberapa hari, kata Lubeck, sering menyebabkan diare dan penurunan berat badan air yang cepat. Itulah yang memberi orang "rasa sukses" yang salah. Namun, segera setelah kamu berhenti detoks dan mulai makan dan minum secara teratur lagi, seberapa banyak berat badan yang kamu turunkan akan segera kembali karena itu bukan penurunan berat badan yang sebenarnya.

Sebagai alternatif, Lubeck mengatakan, kamu dapat tetap makan makanan bergizi saat berlibur, “Saya berjanji kamu tidak perlu melakukan detoks saat sampai di rumah. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menikmati liburan dan menyadari bahwa satu atau dua hari (atau lebih) memanjakan diri tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat atau perubahan total pada kesehatan. Ketika kamu tiba di rumah, kembalilah ke rutinitas makan normal dan kamu akan merasa seperti diri sendiri lagi dalam waktu singkat.”

4. Puasa Intermiten

diet
Penting untuk disadari bahwa melewatkan makan adalah penyebab stres tambahan bagi tubuh. (Foto: kiplinger.com)

Sementara puasa intermiten mungkin menjadi hal yang populer, Worthington mengatakan diet itu mungkin juga membuat hormon lebih berbahaya, bukan membaik.

Dari perspektif hormon, puasa meningkatkan kortisol yang menciptakan peradangan dan ketidakseimbangan dalam jangka panjang. Meskipun dia mengakui bahwa puasa intermiten dapat memberikan hasil dalam jangka pendek, Worthington mengatakan itu benar-benar tidak dimaksudkan untuk menjadi solusi jangka panjang karena kadar kortisol yang tinggi untuk jangka waktu yang lama dapat membuat tubuh mengalami kerusakan katabolik.

“Misalnya, stres puasa dapat meningkatkan kortisol dan akhirnya menyebabkan deregulasi gula darah, yang menciptakan resistensi insulin dan memengaruhi hormon. Ini bisa terlihat seperti bangun di tengah malam, atau tidak memiliki energi yang cukup sepanjang hari. Penting untuk disadari bahwa melewatkan makan adalah penyebab stres tambahan bagi tubuh, dan puasa intermiten dapat meningkatkan beban stres pada tubuh yang sudah stres dan terkuras,” demikian Worthington. (aru)

Baca Juga:

Pilhan Daging Empuk Selain Wagyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Riang dan Penuh Semangat, 6 Idola K-Pop ini Punya Kepribadian Hangat
ShowBiz
Riang dan Penuh Semangat, 6 Idola K-Pop ini Punya Kepribadian Hangat

Mereka begitu bersinar sampai-sampai dijuluki human sunshine.

'The Shapeshifter'. Game NES dan Game Boy yang Rilis di 2021
ShowBiz
'The Shapeshifter'. Game NES dan Game Boy yang Rilis di 2021

The Shapeshifter akan menceritakan tentang anak bernama Elliot

Cara Membentuk Teamwork yang Ulet dan Hebat
Fun
Cara Membentuk Teamwork yang Ulet dan Hebat

Karena salah satu tugas perusahaan bukan hanya mencari calon karyawan yang tepat

‘Tak Mau Sendiri’ Jadi Mars untuk Para Jomlo dari Kaleb J
ShowBiz
‘Tak Mau Sendiri’ Jadi Mars untuk Para Jomlo dari Kaleb J

Kaleb J kembali dengan single terbaru berjudul Tak Mau Sendiri.

Keterbatasan Bukan Halangan 4 Pesohor Indonesia Raih Kesuksesan
Fun
Keterbatasan Bukan Halangan 4 Pesohor Indonesia Raih Kesuksesan

Mereka berhasil sukses dengan keterbatasan yang ada.

Menilik Gestur Surrender Cobra yang Sering Ditemukan Pada Pertandingan Bola
Fun
Menilik Gestur Surrender Cobra yang Sering Ditemukan Pada Pertandingan Bola

Ternyata Ada Kaitannya Dengan Gendongan ibu saat kita masih bayi

Tips Ampuh Bagi Istri agar Suami Betah di Rumah
Fun
Tips Ampuh Bagi Istri agar Suami Betah di Rumah

Ada sebuah tips rahasia bagi para Istri, agar sang suami menjadi betah di rumah

Punya Teman Toxic? Enyahkan dengan Cara Ini
Fun
Punya Teman Toxic? Enyahkan dengan Cara Ini

Jangan pertahankan teman toxic.

Instagram Resmi Manchester United Unggah Foto Via Vallen, Warganet Geger
ShowBiz
Instagram Resmi Manchester United Unggah Foto Via Vallen, Warganet Geger

Akun instagram Resmi Manchester United mengungah foto penyanyi Via Vallen

Kesetaraan Gender Ciptakan Lingkungan Kondusif untuk Pemberdayaan Perempuan
Fun
Kesetaraan Gender Ciptakan Lingkungan Kondusif untuk Pemberdayaan Perempuan

Acara ini bertujuan untuk menginspirasi karyawan perempuan.