Apa Pentingnya Segmentasi Pasar Bagi Suksesnya Usaha?

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 19 Agustus 2020
Apa Pentingnya Segmentasi Pasar Bagi Suksesnya Usaha?
Segmentasi penting dalam menentukan kelancaran dan kesuksesan usaha. (Foto: Unsplash/adeolueletu)

MELANSIR laman Accurate.id, segmentasi pasar menurut penulis buku Gary Amstrong adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi berpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Tujuannya supaya perusahaan bisa melahirkan produk yang memang dibutuhkan oleh pasar.

Segmentasi pasar biasa digunakan sebagai strategi untuk mencari target konsumen yang tepat. Jika pemetaan ini sudah dikuasai, perusahaan bisa memproduksi barang atau jasa yang memang dibutuhkan. Gobiz berpendapat bahwa dengan populasi pelanggan yang semakin banyak dan memiliki kebutuhan serta keinginan yang berbeda-beda, adanya segmentasi pasar sangat dibutuhkan.

Baca Juga:

Gupta: Meskipun Berubah Haluan, Core Competencynya Harus Tetap

Tentukan konsumen

segmentasi
Segmentasi demografis paling umum dilakukan oleh usaha-usaha. (Foto: Unsplash/sandym10)

Menurut Solusi UKM dan Gobiz, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin menentukan segmentasi pasar untuk usahamu. Tentukan siapa konsumenmu, seperti atas, menengah, atau bawah? Kalau kamu salah menentukan konsumen, kemungkinan besar usahamu tidak akan laku.

Gobiz menyarankan untuk menentukan siapa konsumenmu dengan segmentasi demografis. Jenis segmentasi ini paling umum dan paling gampang untuk digunakan usaha-usaha. Segmentasi demografis meliputi usia, jenis kelamin, marital status, pekerjaan, family size, agama, pendidikan dan jumlah pendapatan.

Pasar

segmentasi
Segmentasi pasar penting agar kamu tahu berbuat yang terbaik dalam usaha. (Foto; Unsplash/firmbee)

Tentukan konsumenmu secara geografis. Solusi UKM menulis bahwa ini akan mempengaruhi kebutuhan pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka butuhkan. Kamu bisa menjual produkmu ke semua daerah mau itu lokal, dalam negeri, atau ke luar negeri berkat internet.

Selanjutnya, kamu bisa menentukan segmentasi pasar lewat karakter atau psikologi konsumen. Segmentasi ini melihat aspek psikologis dari pelanggan, seperti apa dampak dari gaya hidup dan status sosialnya, karena bisa mempengaruhi aktivitas sehari-harinya, keinginannya, opininya, dan masih banyak lagi, tulis Gobiz.

Kemudian sisi konsumen, Solusi UKM menyebutkan kamu juga melihat kompetitormu. Berilah nilai lebih kepada konsumen kamu, dari produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada mereka. Tidak cukup hanya memberi harga yang lebih rendah dari kompetitormu, pastikan produk atau jasamu bisa menjadi jawaban atau solusi bagi konsumenmu.

Jangan asal

segmentasi
Anthony Bryan berbisnis online menjual produk konsol Nintendo Switch berikut gamenya. (Foto: Tokopedia Diamondku Shop)

Anthony Bryan, pelaku usaha yang berbisnis dalam dunia gaming sejak 2018, mengatakan kegemarannya pada dunia gaming mengantarkannya menjadi usaha dunia ini. "Saya gemar gaming dan hobi berbisnis, saya rela pakai uang asli untuk meningkatkan level saya di game dan sebagainya," ucap Bryan kepada MerahPutih.com.

Menyadari kebiasaan ini kemudian dia berpikir daripada menjadi konsumen, dia ingin coba menjadi penjualnya. Berbisnis baginya tidak terlalu rumit karena sejak masa sekolah dan kuliahnya dipenuhi dengan pelajaran bisnis.

"Bisnis tidak asing bagi saya karena saat SMA saya anak IPS dan kuliahpun jurusan entrepreneurship. Tapi ya saat ini saya berbisnis untuk nambah uang jajan aja," ungkap Bryan.

Bryan mengatakan bahwa sebaiknya menentukan segmentasi pasar sebelum mulai berjualan. Sayangnya, bagi orang yang asing dengan bisnis terkadang baru sadar mengenai segmentasi bisnis setelah berjualan.

"Kalau dari teman-teman saya sih, mereka langsung aja jualan dan gak mikirin teori-teori kayak segmentasi pasar, asal siapa aja yang beli," kata Bryan.

Melihat tren dan minat yang tinggi terhadap Nintendo Switch, saat ini Bryan fokus untuk menjual produk tersebut. Walaupun baru mulai berjualan Nintendo Switch selama sebulan, dia sudah berhasil mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

"Kayak sekarang demand Nintendo Switch tinggi, akhirnya saya sekarang jualan Nintendo Switch. Otomatis target utama saya anak-anak muda. Juga dengan tren online shopping, saya buka toko online di Tokopedia dan Shopee. Kalau menurut saya, dari sini udah otomatis ketemu segmentasi pasarnya." tutup Bryan. (lev)

Baca Juga:

Plus-Minus Jualan Pakai Cara Pre-Order

#OnlineShop #Toko Online #Agustus New Order
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan