Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab Profesi peracik kopi, barista (Foto: Unsplash/Benjaminrobyn Jespersen)

DARI hobi menjadi profesi, bisa saja hal itu menjadi suatu alasan mengapa banyak orang yang ingin menggeluti profesi sebagai barista. Selain mendapatkan penghasilan, profesi barista juga bisa membuatmu mengasah kemampuan di dunia coffee brewing. Melansir dari berbagai laman, lma alasan ini membuat barista menjadi salah satu profesi keren dibandingkan dengan pekerjaan lain.

Baca juga:

Jangan Tertipu! Ini Bedanya Barista Sejati dan Barista Abal-Abal

1. Ilmu meracik kopi gratis

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab
Mendapatkan ilmu secara cuma-cuma dalam training (Foto: Unsplash/Tyler Nix)

Jika kamu masih awam dengan dunia kopi, beberapa cafe tempat mereka bekerja akan menyediakan pelatihan untuk para barista yang baru saja diterima di pekerjaannya, dan tentunya hal ini menjadi kesempatan besar untuk para calon barista dalam menggali ilmu dari para seniornya.

Seperti halnya teknik penyeduhan kopi, standarisasi biji kopi, serta teknik roasting dan juga espresso bisa didapatkan ilmunya sebelum turun ke lapangan dan bertemu dengan pelanggan.

2. Akses ke mesin pembuat kopi

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab
Memakai alat pembuat kopi (Foto: Unsplash/Alesia Kazantceva)


Coffee grinder, dan mesin espresso merupakan alat yang dibanderol dengan harga yang terbilang mahal. Akan tetapi sebagai barista, mesin yang mahal tersebut bisa dipakai secara gratis selama mereka bekerja di kafe tersebut.

3. Formalitas bukanlah segalanya

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab
Tidak harus formal (Foto: Unsplash/Ali Yahya)

Barista tidak perlu menggunakan pakaian formal dengan jas dan dasi seperti halnya pekerja kantoran, yang mereka perlukan hanyalah berpakaian rapi dan tidak terlihat mengintimidasi pelanggannya.

Kreativitas saat berbusana bisa barista lakukan seperti halnya menata rambut agar terlihat tren atau memakai tato.

Baca juga:

Tak Sekadar Kopi, 5 Hal Ini Wajib Diketahui Barista Pemula

4. Bisa mencicipi kopi setiap kerja

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab
Meminum kopi setiap hari (Foto: Unsplash/Tyler Nix)

Sebagai barista, mereka bisa memiliki kesempatan untuk bereksperimen dan mencicipi kopinya setiap hari, apalagi meminum kopi bisa memiliki banyak manfaat.

Seperti di antaranya menambah energi, meningkatkan metabolisme, dan bahkan menghindari penyakit kanker. Apalagi jika mencium bau biji kopi yang wangi bisa meningkatkan mood dalam bekerja.

5. Mengasah kemampuan berkomunikasi pada pelanggan

Apa Kerennya Profesi Seorang Barista? 5 Alasan Ini Bisa Menjawab
Bertemu dengan para pelanggan asing (Foto: Unsplash/Mario Gogh)

Barista akan bertemu dengan puluhan dan bahkan ratusan pelanggan setiap harinya, dan pelanggan yang menggunakan bahasa yang berbeda sudah tidak asing lagi bagi barista.

Mengasah kemampuan berkomunikasi, mencari koneksi, dan bahkan kerabat akan dialami oleh profesi barista. Seperti halnya berbahasa verbal seperti bahasa inggris, atau bahasa isyarat bisa barista lakukan demi memuaskan para pelanggannya. (dnz)

Baca juga:

Bukan Cuma Kopinya, Ini 4 Tipe Barista yang Perlu Kamu Ketahui


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH