Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Sabtu, 23 Februari 2019
Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya
Kenali jenis kulit kamu sebelum memilih produk primer (Foto: Dermstore.com)

MAKEUP merupakan salah satu barang esensial yang enggak bisa dilewatkan bagi perempuan. Dari mulai foundation hingga highlighter, selalu jadi buruan perempuan, terlebih lagi jika sedang ada diskon.

Ada beragam merek serta jenis produk makeup di pasaran. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah apa yang disebut dengan primer makeup.

Benda satu ini sering diabaikan, padahal kegunaannya sangat penting sebagai dasar atau base sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah. Seperti apa jenis, kegunaan, dan cara menggunakannya?

1. Jenis primer makeup

Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya
Gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit (Foto: Instagram @eminacosmetics)


Sama halnya dengan produk makeup lainnya, primer juga memiliki beberapa jenis dengan keunggulan masing-masing. Selalu ingat untuk memakai primer yang memang dibutuhkan untuk kulit wajah. Primer sendiri memiliki empat jenis yaitu Blurring atau Pore-Minimizing, Mattifying, Illuminating, dan Hydrating.

Primer Blurring atau Pore-Minimizing, biasanya digunakan untuk wajah yang memiliki masalah pori-pori besar, kerutan, maupun tekstur wajah yang tidak merata. Primer jenis ini mampu untuk "mengisi" pori-pori atau kerutan sehingga akan tersamarkan dan menghasilkan tampilan kulit yang lebih halus.

Selanjutnya primer mattifying, yang berfungsi untuk membuat wajah terlihat matte dan akan membuat makeup yang diaplikasikan ke wajah lebih tahan lama.

Primer jenis ini di formulasikan untuk membantu menahan minyak di wajah, cocok bagi kamu yang memiliki wajah berminyak. Tapi, aplikasikan hanya ke bagian wajah yang berminyak saja, jangan secara menyeluruh.

Bagi kamu menyukai hasil wajah yang tampak glowing, dewy, ataupun flawless, aplikasikan primer Illuminating sebelum memakai makeup lainnya. Karena jenis primer ini akan membuat wajah kamu yang kusam menjadi lebih cerah layaknya perempuan Korea.

Terakhir, jika tadi primer mattifying diformulasikan untuk kulit berminyak. Primer hydrating berfungsi sebaliknya, primer ini diformulasikan untuk wajah yang kering. Namun, kamu bisa menggunakan produk kecantikan dengan kandungan hydrating yang kamu punya untuk di jadikan primer.

2. Kegunaan primer

Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya
Melindungi kulit dari paparan makeup (Foto: Instagram @innoxaaus)


Meskipun sering diabaikan dalam produk makeup, primer memiliki segudang kegunaan yang pastinya akan membantu kamu. Salah satunya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan makeup secara langsung.

Primer akan menjadi pelapis ataupun menjadi pembatas antara kulit wajah kamu dengan foundation. Bayangkan saja kalau misalnya kamu baru mencoba foundation dan belum tahu apakah itu akan cocok dengan kamu atau tidak.

Dengan menggunakan primer, kamu jadi tidak perlu takut, karena foundation yang kamu gunakan tidak langsung masuk ke lapisan kulit.

3. Cara menggunakan primer

Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya
Pakai hanya pada bagian yang dibutuhkan (Foto: watson.com)


Cara mengaplikasikan primer sebenarnya sama dengan produk makeup lainnya. Namun, yang membedakan adalah jenis primer yang kamu gunakan.

Jika kamu memiliki wajah yang berminyak di daerah t-zone, cukup memakai mattifying primer pada daerah tersebut. Karena memang primer di formulasikan untuk menutupi maupun memudarkan masalah yang ada di wajah.

Namun, satu hal yang pasti adalah cukup sedikit saja dalam memakai primer. Karena jika berlebihan, akan menyebabkan bedak atau foundation yang akan dipakai menjadi menggumpal. Disarankan pakai cukup sebesar butiran kacang dan baurkan hingga merata.

Selain itu, jangan sampai salah dalam tahapan menggunakan produk makeup kamu, jadikan primer sebagai tahap awal sebelum mengaplikasikan produk kecantikan lainnya. (ver)

#Makeup #Tips Kecantikan #Primer Makeup
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan