Apa Itu Kanker Otak? Penyakit yang Diidap Agung Hercules Agung Hercules (Sumber: Instagram/agunghercules88)

Agung Hercules kini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Pelantun lagu Astuti itu dikabarkan mengidap penyakit kanker otak stadium 4. Dari foto-foto yang beredar, tampak perubahan fisik dari agung hercules. Kepalanya kini botak dengan tubuh tak berotot.

Sebenar apa itu kanker otak? Kanker dengan nama lain glioblastoma ini adalah tumor ganas yang bersarang di otak. Penyakit ini memiliki dua tipe, pertama kanker otak primer, kanker yang bersarang langsung di otak dan kanker otak sekunder, yang muncul di bagian lain lalu menyebar hingga otak.

Ilustrasi otak (Sumber: Pixabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi otak (Sumber: Pixabay/TheDigitalArtist)

Dari kedua jenis tersebut, 75 persen kasus kanker otak adalah kanker otak primer. Sementara kanker otak sekunder hanya 25 persen kasus. Biasanya tipe sekunder disebabkan oleh kanker lain seperti kanker payudara, ginjal, paru-paru dan usus besar.

Kanker otak tidak bisa dipastikan secara pasti kecuali dari diagnosis tepat dari dokter. Penyakit ini juga belum sepenuhnya dipahami. Namun, berdasarkan penelitian, orang yang berada di lingkungan tertentu misal pengeboran minyak, penanganan bahan bakar, ahli kimia, pekerja industri karet beresiko lebih besar terserang kanker otak.

Agung Hercules (Sumber: Instagram/agunghercules88)
Agung Hercules (Sumber: Instagram/agunghercules88)

Selain itu faktor keturunan juga mempengaruhi apakah seseorang berpeluang lebih besar terserang kanker otak atau tidak. Sementara faktor lainnya adalah merokok, terpapar radiasi atau terinfeksi HIV.

Ada gejala yang harus diperhatikan setiap orang. Gejala paling umum adalah sakit kepala terutama di pagi hari, kelemahan otot, sulit berjalan dan kejang. Sementara gejala kanker otak lainnya adalah merasa mual, sulit berbicara, perubahan bertahap dalam intelektual dan emosional dan kelainan pengelihatan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH