Mengenal Kanker Getah Bening, Penyakit yang Sempat Diidap Ustaz Arifin Ilham Ustadz Arifin Ilham tunjukkan firasat akan wafat (Sumber: Instagram/@kh_m_arifin_ilham)

SETELAH menderita sakit kanker getah bening, ulama kondang Ustaz Arifin Ilham menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Gleneagles, Pulau Penang, Malaysia. Kabar duka ini diketahui publik dari postingan putranya Muammad Alvin Faiz di akun Instagram.

Lantas, apakah itu kanker getah bening? Apakah sangat mematikan?

Di setiap tubuh manusia terdapat kelenjar getah bening. Umumnya tidak teraba kecuali pada bagian tertentu seperti area leher, ketiak, sela-sela paha dan bawah dagu. Ukurannya sekitar 1 cm dan mudah digerakan.

Kanker getah bening adalah kanker ganas yang menyerang sistem limfatik, yakni bagian penting dari sistem pertahanan tubuh. Kanker ini sebenarnya bisa disembuhkan seperti penyakit kanker lainnya. Namun tergantung jumlah stadium yang dimiliki penderita.

Presiden Jokowi menjenguk Ustaz Arifin Ilham di RSCM.beberapa waktu lalu sebelum dibawa ke Malaysia Foto: @jokowi
Presiden Jokowi menjenguk Ustaz Arifin Ilham di RSCM.beberapa waktu lalu sebelum dibawa ke Malaysia Foto: @jokowi

Dilansir dari Hello Sehat, gejala umum yang diderita adalah benjolan yang tidak terasa sakit, membesar dan menetap. Biasanya akan diiringi demam, nafsu makan menurun, cepat lelah, batuk yang tak kunjung sembuh hingga infeksi yang sulit disembuhkan.

Semakin kamu cepat mendeteksi gejala-gejala kanker kelenjar getah bening, maka semakin cepat puka kamu dapat disembuhkan. Merujuk pada data dari Kementerian Kesehatan, di Indonesia, penyakit yang biasa disebut Limfoma ini adalah salah satu jenis kanker terbanyak pada anak.

Penyakit Limfoma terbagi menjadi dua tipe yakni Limfoma Hodgkin (LH) dan Limfoma Non-Hodgkin (LNH). Limfoma Non-Hodgkin terjadi karena adanya mutasi DNA pada sel B dan sel T di sistem limfatik, biasanya terjadi pada usia lebih dari 60 tahun.

Pemimpin Majelis Az Zikra Ustaz Arifin Ilham. (MP/Sulaksono)
Pemimpin Majelis Az Zikra Ustaz Arifin Ilham. (MP/Sulaksono)

Sementara Limfoma Hodgkin muncul karena mutasi sel B pada sistem limfatik. Tipe ini sering muncul pada rentan usia 20 hingga 30 tahun, tapi ada juga di usia 60 tahun lebih. Dari dua tipe itu sekitar 90 persen menderita Limfoma Non-Hodgkin.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kanker getah bening atau limfoma adalah usia, genetik, pernah tertular virus Epstein-Barr atau EBV, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan paparan kimia beracun. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH