Apa itu Atomic Swaps? Atomic Swap memungkinkan terjadinya pertukaran antar mata uang digital. (Foto: Pixabay/5933179)

ATOMIC Swaps adalah exchange mata uang digital peer-to-peer dari suatu pihak ke pihak lain, tanpa melibatkan layanan pihak ketiga seperti exchange kripto. Jadi selama proses ini berlangsung, pengguna memiliki kontrol penuh dan kepemilikan atas private keys mereka.

Pada 20 September 2017, Decred dan Litecoin berhasil melakukan implementasi atomic swap pertama.

Hal menarik yang perlu dicatat mengenai atomic swaps adalah:
1. Atomic swaps dapat dilakukan di antara blockchain terpisah dengan coin yang berbeda
2. Atau atomic swaps juga bisa dilakukan melalui saluran off-chain yang merupakan cabang dari blockchain utama

Atomic swap juga dikenal sebagai trading cross-chain (antarblockchain)

Bagaimana cara kerja Atomic Swaps?

Dua pihak yang akan terlibat dalam atomic swaps memutuskan sebuah rahasia bersama. Kedua pihak akan berbagi cryptocurrency mereka jika – dan hanya jika rahasia yang mereka miliki cocok. Dengan begin, bila seseorang tiba-tiba muncul dalam pertukaran ini, dia tidak dapat mengambil koin yang ada karena dia tidak mengetahui rahasia yang telah ditentukan.


Berikut ilustrasi singkat untuk menggambarkan cara kerjanya:

atomic swap
Atomic Cross Chain Swap. (Foto: ist)

Seumpama Alice memiliki BTC dan ingin memiliki LTC sedangkan Bob sebaliknya memilki LTC dan menginginkan BTC. Alice kemudian membuat value dan membuat hashnya yang mana digunakan untuk membuat address kontrak dan menyimpan BTC nya di sana. Kemudian Alice mengirimkan hashnya ke Bob. Lalu Bob membuat address kontraknya melalui hash tersebut dan mengirimkan LTCnya ke situ.

Supaya Alice bisa mengambil LTC tersebut, ia harus membuka kunci address tersebut menggunakan nilainya. Ketika Alice membuka kunci dan mengambil LTCnya, value dari kunci tersebut diberikan kepada Bob yang menggunakannya untuk mengambil BTC.

Untuk menjalankan hal ini, ada yang namanya Hashed Timelock Contracts atau HTLCs. Kalau kamu familiar dengan Lightning Network, maka seharusnya kamu juga tahu bagaimana cara kerja HTLC. Sekarang kami akan memberikan gambaran singkat mengenai apa itu HTLC.



Baca juga artikel ini: Cara Menghindari ICO Scam

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo