Apa Benar Rabu Pagi Ini Gmail Error? Gmail tumbang pagi ini (Foto: microsoft.com)

MUNGKIN kamu enggak tahu atau enggak sadar. Bahwa pagi ini layanan pesan elektronik Gmail down atau tumbang. Beberapa orang juga mungkin enggak mengecek Gmail mereka hari ini. Tapi sudah dipastikan. Menurut laporan yang dirangkum dari berbagai sumber. Gmail memang tumbang pada pagi ini, Rabu (13/3).

1. Enggak terjadi ke semua pengguna

Beberapa pengguna masih bisa berkirim pesan dengan Gmail (Foto: Pexels/Caio Resende)

Meskipun dilaporkan tumbang. Rupanya enggak semua akun pengguna Gmail tumbang. Sebagian orang masih dapat mengakses akun Gmail mereka. Bahkan aktivitas berbalas pesan masih bisa dilakukan seperti biasa.

2. Terjadi pada pukul 9 pagi

Dalam G Suite Status Dashboard terlihat masalah ini terjadi pada pukul 09.53 WIB (Foto: Google)

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 9 pagi menjelang jam 10 pagi. Tepatnya pada pukul 09.53 WIB. Hal tersebut terlihat dari G Suite Status Dashboard. Di situ terlihat ada lampu berwarna oranye yang artinya Gmail mengalami masalah pada jam itu. Masalah tersebut juga terjadi pada Google Drive.

Tertulis juga keterangan dari pihak Gmail dalam sebuah kolom. "Kami sedang menyelidiki laporan masalah dengan Gmail. Kami akan segera memberikan informasi lebih lanjut. Pengguna yang terpengaruh dapat mengakses Gmail, tetapi akan melihat pesan error, latensi tinggi, dan perilaku tak terduga lainnya," tulis keterangan tersebut pagi tadi.

3. Sudah teratasi

Lampu hijau artinya No Issues atau enggak ada masalah (Foto: Google)

Meskipun belum ketemu apa penyebab Gmail tumbang. Tapi masalah ini sudah berangsur teratasi. Dapat dilihat juga dari G Suite Status Dashbord. Ada keterangan lampu hijau di kolom. Artinya enggak ada masalah pada Gmail sekarang ini. Masalah tersebut dapat diperbaiki pada pukul 13.13 WIB.

Enggak lupa. Pihak Google juga menuliskan permintaan maaf pada kolom tersebut. "Masalah dengan Gmail harus diatasi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas kesabaran dan dukungan Anda yang berkelanjutan. Yakinlah bahwa keandalan sistem adalah prioritas utama di Google, dan kami terus melakukan peningkatan untuk menjadikan sistem kami lebih baik," tulis pihak Google.

Rupanya kejadian ini enggak hanya terjadi di Indonesia. Pengguna Gmail dari negara lain juga mengalami Gmail tumbang. Di antaranya ialah Kanada, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Hongkong, Vietnam, dan Filipina.

Jadi apakah sahabat Merah Putih salah satunya? (ikh)

Baca juga: Belajar Sekaligus Mengajar Bersama Udemy

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH