Ramadan 2019

Anyaman Rapat, Kunci Ketupat Lezat

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 31 Mei 2019
Anyaman Rapat, Kunci Ketupat Lezat
Anyaman ketupat amat penting untuk menghasilkan ketupat yang lezat. (foto: Instagram @arinda_ph)

JIKA ada makanan yang tak pernah absen dari sajian Lebaran, itu ialah ketupat. Hidangan khas Asia Tenggara yang berbahan dasar beras yang dibungkus anyaman janur ini seakan wajib hadir sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri.

Penyajian ketupat saat Lebaran bukan tanpa makna lho. Menurut cerita, kupat, nama lain ketupat dalam bahasa Jawa, menjadi simbolisasi pengakuan kesalahan. Hal itu merujuk pada suku kata 'ku' dari 'ngaku' (mengaku) dan 'pat' dari kata 'lepat' yang bermakna kesalahan. Filosofi itulah yang digunakan Sunan Kalijaga saat mensyiarkan Islam di Jawa. Ia mengasimilasikan kearifan lokal dengan ajaran Allah. Sejak saat itu, ketupat yang tadinya sakral, berubah menjadi hidangan di saat hari meminta maaf, yakni Hari Raya Idul Fitri.

Mengingat ketupat merupakan sajian penuh makna, hidangan ini pun dibuat dengan 'perhatian' lebih. Beberapa orang bahkan sudah bersiap membuat ketupat beberapa hari jelang Lebaran hingga seminggu setelah hari besar itu. Jangan sekadar bersiap, kamu harus memerhatikan segala bahan pembuat ketupat, salah satunya janur yang membungkus ketupat. Pilihan janur amat menentukan citrasa ketupat. Oleh karena itu, jika ingin membuat ketupat, kamu enggak bisa sembarang memilih janur ataupun anyaman pembungkus ketupat. Biar enggak salah pilih, ikuti tips memilih janur atau anyaman ketupat berikut ini.


1. Pilih janur berwarna kuning muda

janur
Janur kuning muda bikin ketupat terlihat cantik. (foto: mybaao)

Ada dua warna janur, hijau dan kuning cerah. Sebaiknya kamu menggunakan janur berwarna kuning cerah untuk anyaman ketupat. Janur dengan warna itu akan membuat ketupat terlihat bersih dan enak. Di lain hal, janur berwarna hijau bakal membuat ketupat kamu berwarna kecokelatan. Tentunya tampilan ketupat yang bersih akan mengundang selera makan dong.

2. Gunakan janur berukuran sedang

janur
Jangan terlalu lebar, tapi juga tak terlalu kecil. (foto: Instagram @zack_taipun)

Selain ada dua warna, ukuran janur pun beragam. Dari yang lebar hingga yang kecil. Salah satu hal penting saat akan membuat anyaman ketupat ialah memilih ukuran jannur yang tepat.

Memilih ukuran yang pas amat penting agar hasil anyaman rapi, tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil. Jika terlalu besar, akan butuh banyak beras untuk mengisinya. Oleh karena itu, pilihlah janur dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan seragam.



3. Bersihkan janur sebelum dimasak

ketupat
Ingat untuk membersihkan janur terlebih dahulu. (foto: Instagram @langkawichantique)

Kebersihan menjadi hal penting dalam membuat makanan. Setelah memilih janur yang tepat, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang menempel pada janur hilang.

4. Anyaman ketupat yang rapi

ketupat
Pilih anyaman ketupat yang rapi. (foto: Instagram @az_zsa)

Sekarang di pasar banyak dijual anyaman ketupat siap pakai. Kamu juga boleh kok membeli anyaman yang sudah jadi jika tak sempat atau tak tahu cara menganyamnya. Jika membeli jadi, perhatikan dengan seksama anyamannya. Pilihlah yang anyamannya rapat, rapi, dan lebar janur yang seragam. Dengan begitu, bentuk ketupat akan sempurna.

5. Ukuran yang sama

ketupat
Ketupat dengan ukuran sama akan matang bersamaan. (foto: Instagram @ariannakitchen2)

Selain memperhatikan kerapian anyaman, pilihlah ketupat dengan ukuran seragam. Hal itu amat penting karena jika dimasak bersamaan, ketupat yang seukuran akan matang serempak. Dengan begitu, kualitas rasa dan bentuk ketupat pun akan sama.


Bagaimana, sudah siap membuat ketupat?(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan