Antonius Tonny: Keris Itu Milik Pribadi Saya, Milik Pribadi Kok Gratifikasi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 29 Agustus 2017
Antonius Tonny: Keris Itu Milik Pribadi Saya, Milik Pribadi Kok Gratifikasi
Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan nonaktif Antonius Tonny Budiono. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan nonaktif Antonius Tonny Budiono mengaku bila keris dan tombak yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan koleksi pribadinya.

Ia mengklaim benda-benda tersebut bukanlah hasil gratifikasi.

"Ini saya jelasin. Saya itu anak Alas Roban. Kalau masalah keris itu milik pribadi saya, milik pribadi kok gratifikasi. Itu untuk Perang Baratayuda," kata Tonny usai menjalani pemeriksaan di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/8).

Ketika ditanya awak media tentang mafia di Kemenhub yang pernah disebutnya, Tonny enggan membeberkannya lebih jauh.

"Nanti kalau sudah masuk perkara, ya. Nggak boleh, nggak boleh. Nanti bisa jadi pencemaran nama baik. Saya nggak mau," kata Tonny.

KPK menyita tombak, keris, jam tangan hingga cincin batu akik dari kediaman Tonny di Mess Perwira Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Bahtera Suaka, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pada Jumat (25/8). Benda-benda itu diduga terkait dengan gratifikasi Tonny.

Selain menyita benda-benda diduga terkait gratifikasi, penyidik KPK lebih dulu mengamankan 33 tas ransel berisi uang pecahan rupiah dan enam mata uang asing dan empat kartu ATM sejumlah bank. Total uangnya mencapai Rp 20 miliar.

Tonny kini telah menyandang status tersangka dari KPK. Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama Komisaris PT Adhiguna Keruktama Adiputra Kurniawan.

Tonny mengakui telah menerima uang diduga suap sejak 2016 lalu. Menurut Tonny, uang yang dikumpulkan di luar dari penghasilan resminya itu digunakan sebagai operasional.

Anak buah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu pun mengaku khilaf dan meminta maaf atas tindakannya tersebut. (Pon)

Baca berita terkait kasus Kementerian Kemenhub lainnya di: OTT Kemenhub, KPK Temukan Beberapa Mata Uang Asing

#Kasus Korupsi #KPK #Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan