Kesehatan

Antistres, Makanan ini Bikin Tetap Waras

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 19 Oktober 2020
Antistres, Makanan ini Bikin Tetap Waras
Beberapa jenis makanan bisa menenangkan saat tertekan. (foto: unsplash/alex block)

SETELAH berbulan-bulan menghadapi situasi serbatakpasti akibat pandemi, pastilah banyak yang merasa stres. Aktivitas yang terbatas dan kesempatan terbatas untuk rekreasi jadi penyebabnya. Jika sudah begini, tak sedikit yang bingung mencari cara melepas stres agar tetap bisa waras.

Tahukah kamu, melepas stres dan menjaga kewarasan enggak melulu lewat aktivitas menyenangkan. Asupan makanan juga bisa menjadi penenang di kala merasa tertekan. Beberapa jenis makanan memang memiliki efek menenangkan bagi tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti kamu melupakan diet dan mengasup makanan yang tidak sehat. Berikut 6 makanan yang punya efek menenangkan, tapi tetap sehat dan ramah diet.

BACA JUGA:

4 Tempat Wisata Solo Ini Bikin Kamu Lupa Yogyakarta

1. Buah beri

berries
Kaya antioksidan dan vitamin C. (foto: pixabay/coleur)

Segala jenis buah beri tak hanya kaya akan antioksidan, tapi juga vitamin C yang dipercaya dapat membantu memerangi stres. Penelitian di Jerman meminta 120 orang untuk memberikan pidato dan dilanjutkan dengan tes matematika. Hasilnya, orang yang mengonsumsi buah beri punya tekanan darah yang lebih rendah walau setelah stres.

2. Kacang Mete

cahsew
Sumber zinc yang baik. (foto: pixabay/tantetati)

Selain rasanya lezat, kacang mete juga merupakan sumber zinc yang baik. Tingkat zinc yang rendah dipercaya punya kaitan dengan kecemasan dan depresi. Jadi sangat baik mengonsumsi kacang mete saat sedang tidak mood.

3. Teh Chamomile

chamomile tea
Menurunkan gejala kecemasan. (foto: learningherbs)

Sebuah studi dari University of Pennsylvania menguji suplemen chamomile pada 57 partisipan dengan gangguan kecemasan selama delapan minggu. Hasilnya menunjukkan penurunan gejala kecemasan yang signifikan. Selain itu, teh chamomile juga baik dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga kamu lebih mudah tidur.

4. Dark chocolate

cokelat
Obat antistres baru. (foto: pixabay/congerdesign)

Dark chocolate disebut sebagai obat antistres baru karena efektivitasnya menurunkan tingkat stres. Cokelat mengandung anandamine, sebuah zat yang bisa merangsang otak untuk memproduksi endorfin yang menghambat rasa sakit dan depresi untuk sementara waktu. Sebuah studi di Journal of Psychopharmacology juga mengungkapkan bahwa orang yang meminum 1,5 ons cokelat setiap hari akan meras lebih tenang daripada mereka yang tidak. Namun, pastikan kamu memilih dark chocolate yang punya kandungan kokoa lebih dari 70%.

5. Yoghurt

yogurt
Probiotiknya baik menghalau stres. (foto: pixabay/profet77)

Yogurt kaya akan probiotik, bakteri baik yang hidup di dalam usus. Penelitian kecil telah menunjukkan bahwa konsumsi probiotik secara teratur dapat membantu mengurangi tingkan stres pada manusia.

6. Salmon

salmon
Asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan mental. (foto: pixabay/cattalin)

Jenis ikan yang berlemak seperti salmon punya khasiat menurunkan stres. Hal itu disebabkan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya punya sifat antiinflamasi dan dianggap memiliki dampak positif pada kesehatan mental, termasuk stres.(dwi)

BACA JUGA:

Siap Digelar, Soft Launch League of Legends Wild Rift untuk Indonesia

#Kesehatan #Oktober Satgas Waras
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan