Antisipasi Semua Hal Sebelum Traveling, Termasuk saat Terjadi Bencana Alam Bencana alam dapat terjadi di mana kapan saja.(Foto: Pixabay/TheDigitalArtisit)

BENCANA alam adalah sesuatu yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk ketika kamu bepergian ke salah satu tujuan paling favorit di dunia. Seperti halnya bencana alam yang terjadi baru-baru ini seperti Badai Irma, Badai Harvey, gempa bumi Meksiko, letusan gunung berapi Bali, dll. Banyak ahli menyarankan mempersiapkan perjalanan berikutnya dengan sempurna, termasuk antisipasi untuk menjaga keamanan saat terjadi bencana alam.

Baca juga:

Saat Solo Traveling, Perhatikan Hal Berikut

Lakukan Penelitian

Antisipasi Semua Hal Sebelum Traveling, Termasuk saat Terjadi Bencana Alam
Lakukan penelitian tempat tujuan traveling (Foto: Pexels/Bruce Mars)

Sebelum kamu pergi, penting untuk mencari informasi tentang tempat yang akan tuju. Carilah info seperti bencana alam yang biasa terjadi di daerah tersebut. Informasi tentang cuaca, berita, dan peringatan di internet juga penting untuk diketahui. Lansiran dan peringatan perjalanan juga dapat dilihat pada situs web pemerintahan setempat.

Persiapan

https://www.instagram.com/p/B5YW4kDH-Ho/ Travel Insurance
Jangan tinggalkan catatan penting. (Foto: pexels/Nguyen Nguyen)

Salah satu persiapan terpenting adalah menulis nomor kontak penting dan alamat di selembar kertas dan kemudian menyimpannya di saku kamu. Jangan lupa menulis nomor telepon pihak keluarga, teman, penanggung perjalanan, kedutaan dan agen perjalanan.

Dengan menyertai kontak penting ke mana-mana, kamu dapat menghubungi konsulat atau kedutaan disaat keadaan darurat. Sehingga mereka dapat membantu dengan makanan, tempat tinggal dan penerbangan pulang.

Daftarkan Perjalanan

https://www.instagram.com/p/B5YW4kDH-Ho/ Travel Insurance
Daftarkan perjalananmu ke pihak tertentu (Foto: Pixabay/geralt)

Di Amerika Serikat, warga negara bisa mendaftarkan perjalanan mereka secara gratis ke program kedutaan yang disebut smart traveler enrollment. Hal ini memungkinkan para pelancong mendapatkan informasi keselamatan dan kondisi tempat tujuan, serta dapat menghubungi kedutaan dalam keadaan darurat. Kamu dapat mendaftarkan diri sebelum bepergian. Perlu diingat, tidak semua negara memiliki program serupa.

Baca juga:

Tips Traveling Aman dan Nyaman bagi Perempuan Lajang

Jadwal Perjalanan

https://www.instagram.com/p/B5YW4kDH-Ho/ Travel Insurance
Bagikan rencana perjalanan pada orang terdekat. (Foto: unsplash/Janis Oppliger)

Buatlah jadwal perjalanan sebelum kamu pergi dan berikan salinannya kepada keluarga dan teman. Ini sangat membantu ketika keluarga dan teman-teman kamu dapat mengetahui lokasi kamu pada saat darurat.

Asuransi Perjalanan

Semua pakar perjalanan sangat merekomendasikan untuk membeli asuransi perjalanan agar memastikan semuanya akan baik-baik selama perjalanan. Ini akan berguna pada situasi yang tidak kamu duga terjadi. Cari tahu batas dan besar pertanggungan.

Apakah asuransi perjalanan dapat mencakup bantuan medis di masa darurat, gangguan perjalanan, dan pembatalan. Carilah rencana cakupan secara terperinci, termasuk cakupan di luar negeri, evakuasi medis, dll.

Dengarkan Otoritas Lokal

https://www.instagram.com/p/B5YW4kDH-Ho/ Travel Insurance
Checklist apa saja yang bisa dilakukan di destinasi wisatamu. (Foto: pexels)

Kamu juga harus mendengarkan dan memperhatikan pihak berwenang setempat selama perjalanan, terutama informasi keselamatan dan kondisi serta saran mereka. Lansiran dan pesan dapat diakses melalui internet dan media massa lainnya.

Para pakar perjalanan juga merekomendasikan untuk segera meninggalkan lokasi saat terjadi bencana alam. Ini akan menyelamatkan kamu dari bahaya selanjutnya. Perencanaan yang baik akan efektif untuk mencegah skenario terburuk bencana alam selama perjalanan. (lgi)

Baca juga:

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH