Antisipasi Musim Hujan, Pemprov DKI Keruk Semua Kali di Ibu Kota

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 13 November 2023
Antisipasi Musim Hujan, Pemprov DKI Keruk Semua Kali di Ibu Kota
Petugas menggunakan alat berat untuk melakukan pengerukan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur dan Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (10/11). ANTARA/Muhammad Ramdan

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan persiapan menghadapi musim hujan. Salah satunya dengan pengerukan semua kali yang ada di Ibu Kota.

Pengerukan dari hulu hingga ke hilir ini bertujuan agar bisa menampung saat limpahan air besar yang masuk ke kali. Selain itu, kegiatan itu juga diharapkan dapat memperlancar aliran air dan menambah volume air yang masuk. Sehingga, dapat mengurangi genangan di bantaran kali akibat adanya limpasan air.

Baca Juga

Dinas SDA DKI Lakukan Pengerukan Sedimen Lumpur di 100 Titik

"Ya dikeruk semua kali-kali," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Jakarta Senin (13/11).

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini melanjutkan, upaya pengentasan masalah banjir terus dikebut oleh jajarannya. Sebab, dari informasi BMKG wilayah Jabodetabek sudah masuk awal musim penghujan.

"SDA kan sekarang sedang keruk semua kali primer maupun sekunder mudah-mudan bisa atasin banjir," paparnya.

Baca Juga

Minta Pemprov Percepat Pengerukan Sungai, PKB DKI: Jakarta Seperti Mangkok

Ia pun meminta seluruh peralatan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI diterjunkan baik personel maupun alat berat agar proses pengerukan bisa dijalankan secara optimal.

"Semua alat berat akan kita turunkan untuk mengatasi potensi banjir. Ada 240 unit alat berat, semuanya turun mengeruk kali, supaya bisa mengantisipasi banjir menjelang musim hujan," tuturnya.

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan, hari ini Senin (13/11) Dinas SDA akan menggelar rapat dengan pemerintah pusat untuk konsolidasi ihwal optimalisasi Waduk Cimahi dan Sodetan Ciliwung.

"Senin rapat lagi (dengan pemerintah pusat) untuk konsolidasi," tuturnya. (Asp).

Baca Juga

Pemprov DKI Klaim Pengerukan Kali Mampang Masih Dalam Pengerjaan

#Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan