Antisipasi Kemacetan, Kemenhub Berlakukan Aturan Baru di Rest Area

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 31 Mei 2018
Antisipasi Kemacetan, Kemenhub Berlakukan Aturan Baru di Rest Area
Rest area tol Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Youtube

MerahPutih.com - Rest area menjadi simpul kemacetan di tol saat arus mudik ataupun balik. Kondisi ini menjadi perhatian serius dari Kementerian Perhubungan.

Oleh sebab itu, Kemenhub sudah menyiapkan cara dan aturan baru guna mengantisipasi kejadian serupa di mudik lebaran kali ini.

"Pemerintah sudah siapkan manajemen pengaturan di lokasi tersebut. Kalau dulu sumber kemacetan karena numpek menjadi satu karena berbagai alasan pertama karena isi BBM, buang air kecil, makan dan minum sehingga numpek menjadi satu sehingga pengaturan masuk dan keluar tidak berjalan baik," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub Baitul Ihwan kepada merahputih.com, Rabu (30/5).

Ihwan menjelaskan untuk mengantisipasi kemacetan di jalur tol dan rest area, Kemenhub akan memberlakukan jalur khusus bagi setiap pemudik yang singgah di rest area.

Ilustrasi rest area

"Tahun ini kita atur dengan manajemen baik. Kita siapkan jalur khusus untuk pengisian BBM, kemudian ada jalur untuk buang air kecil dan salat dan ada jalur untuk makan dan istirahat dan sebagainya. Kalau dulu kan tidak, semuanya bercampur ini juga mempengaruhi arus rest area itu sendiri," terang dia.

Di samping itu, guna mengantisipasi kemacetan atau gangguan kenyamanan saat mudik lebaran, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak lainnya, semisal Korlantas dalam mengantisipasi arus mudik nanti.

"Pada prinsipnya, lebaran tahun ini pemerintah khususnya Kemenhub dan beberapa kementerian terkait tentunya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana dengan baik dan matang," ucap dia.

Antisipasi itu lanjutnya, bahkan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sejak Januari 2018 melalui berbagai tahapan, misalnya rapat koordinasi, survei dan kebijakan.

Ilustrasi rest area

"Prasarana juga semakin siap juga, dengan dibukanya tol sampai Semarang dan Solo begitu juga jalan non tol juga sudah dipersiapkan dengan baik. Semua prasarana infrastruktur sudah baik sehingga masyarakat dapat terlayani dengan prasarana tol dan non tol juga," pungkasnya. (Fdi)

#Kemenhub
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan