Antisipasi Demo Mahasiswa, Polisi Tutup Akses Jalan Seputar Gedung DPR Jalan Tol di depan gedung DPR/MPR ditutup (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup jalan di kawasan sekitar Gedung DPR/MPR, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (16/10) malam.

Jalan ditutup dengan barier batu. Penutupan dilakukan guna mengantisipasi adanya rencana unjuk rasa oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek-Banten Kamis 17 Oktober 2019 siang.

Baca Juga

Elemen Mahasiswa Ngotot Demo Jelang Pelantikan Jokowi

"Antisipasi unras," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M.Nasir saat dikonfirmasi, Kamis (17/10).

Beberapa ruas jalan disekitaran Gedung DPR/MPR yang ditutup adalah Jalan Gatot Soebroto depan depan Flyover Landogi. Kemudian Jalan Gatot Subroto Pojokan Manggala Wanabakti yang ke arah Stasiun Palmerah maupun arah Slipi. Lalu Jalan Veteran Traffic Light Palmerah ke Jalan Lapangan Tembak.

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melakukan aksi unjuk rasa menolak UU KPK dan RUU KUHP,  di depan gedung DPR/MPR, Senin (23/9). (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)
Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melakukan aksi unjuk rasa menolak UU KPK dan RUU KUHP, di depan gedung DPR/MPR, Senin (23/9). (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

"Penutupannya sampai kapan itu situasional melihat kondisi di lapangan," kata dia.

Baca Juga

Pakar Intelijen Percaya Mahasiswa Bisa Dilobi Lancarkan Pelantikan Jokowi

Nasir menambahkan belum ada rencana penutupan jalan di kawasan Istana Merdeka. Padahal massa mahasiswa rencanya mau demo di depan Istana Merdeka, bukan di depan DPR/MPR. Adanya penutupan di depan DPR diharap pengendara bisa maklum. Mereka diimbau mengikuti rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan agar tidak terjebak macet.

"Belum ada (rencana penutupan jalan depan istana)," kata dia lagi.

Baca Juga

Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Polda Jateng Terjunkan Satu SSK Amankan Solo

Berikut pengalihan arus lalu lintas yang telah diterapkan pihak kepolisian:

1. Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladokgi diarahkan belok kiri ke Gerbang Pemuda.

2. Jalan Gerbang pemuda yang arah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolong Ladokgi atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Timur atau ke Bendungan Hilir.

3. Jalan Gerbang Pemuda arah ke Asia Afrika dibelokan ke kiri ke ke Jalan Asia Afrika terus Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

4. Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke arah Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah Ladokgi.

5. Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di TL Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama dan belok kiri ditutup.

6. Jalan Tentara Pelajar Pojok Manggala Wanabakti ditutup Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH