Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Segera Bangun 1.333 Drainase Vertikal

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 22 November 2018
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Segera Bangun 1.333 Drainase Vertikal
Banjir Jakarta. Foto: Antara/atika fauziyyah

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan upaya antisipasi banjir di Jakarta saat musim penghujan dengan membangun drainase vertikal atau sumur resapan di wilayah DKI Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas Perindustrian dan Energi Pemprov DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia mengatakan ada total 1.333 sumur serapan yang dibangun Pemprov DKI Jakarta.

Banjir merendam kawasan Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur sejak Minggu (11/11) malam. FOTO: BPBD DKI

Dari 1.333 sumur itu, lanjut Ricki, pihaknya berencana membangun 1.300 sumur dangkal untuk menghilangkan genangan.

"Ke depannya kami rencanakan 1.333 sumur resapan, atau drainase vertikal. Itu 1.300 itu untuk sumur dangkal," ujar Ricki saat dihubungi wartawan, pada Kamis (22/11).

Ricki menuturkan, menghadapi musim penghujan di Jakarta, tahun ini Pemprov DKI hanya membangun beberapa sumur resapan untuk diuji coba di daerah yang menjadi langganan banjir. Namun lokasi pembangunan sumur serapan itu masih dirahasiakan.

"Kalau kick-off kami sampaikan melalui pak Gubernur. Jadi, sementara ini kami menyampaikan sudah ada kami buat untuk uji ciba. Tapi, kami masih menunggu mohon maaf kami belum bisa sampaikan informasinya. Tapi, sudah ada yg kita uji coba," jelasnya.

Banjir. (ANTARA FOTO/Risky Andianto)

Menurut Ricki, sumur resapan yang masih dirahasikan itu sudah dibangun sejak September 2018 lalu dan saat ini pembangunan drainase vertikal itu sudah rampung.

"Tapi kami menunggu kalau hujan bisa benar-benar diserap atau enggak," pungkasnya. (Asp)

#Banjir Jakarta #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan