Headline

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Segera Luncurkan Drainase Vertikal

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 13 November 2018
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Segera Luncurkan Drainase Vertikal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat drainase vertikal untuk mengatasi banjir di Jakarta.

"Pertama adalah mempercepat pembangunan drainase," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (12/11) kemarin

Drainase tersebut digadang-gadang akan mampu mendorong air hujan langsung ke tanah. Anies pun berjanji akan segera meluncurkan drainase vertikal akhir bulan November tahun ini.

"Sekarang ada beberapa tempat. Kita nanti akan umumkan. Mudah-mudahan akhir November ini kita bisa tunjukan hasilnya. Sekarang sedang dalam proses," jelasnya.

Proyek drainase di Jakarta
Salah satu proyek drainase di Jakarta (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Menurut Anies, tidak semua wilayah bisa diterapkan drainase vertikal. Anies memberikan pilihan lain yakni pemompaan bagi daerah yang tak dipasangkan drainase vertikal.

"Tapi ini tidak dilakukan di tempat-tempat yang memang tanahnya sudah tidak bisa lagi menyerap air. Di tempat yang tanah sudah tidak bisa lagi menyerap air, yang dilakukan adalah pemompaan," tuturnya.

Lebih lanjut, Gubernur Anies mengungkapkan pihaknya akan memberikan hadiah atau insentif bagi warga Jakarta yang memasang drainase.

"Nanti termasuk intensifnya bagi rumah tangga dan perkantoran yang membangun fasilitas drainase vertikal," ungkapnya.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ketua DPRD DKI Jakarta Keluhkan Kondisi Pasar Tanah Abang yang Makin Kumuh

#Banjir Jakarta #Anies Baswedan #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan