Antisipasi Arus Balik, Jadwal Masuk Sekolah di Jabar Diundur

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 05 Mei 2022
Antisipasi Arus Balik, Jadwal Masuk Sekolah di Jabar Diundur
Arus Mudik. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

MerahPutih.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkan perpanjangan libur lebaran selama tiga hari. Penetapan ini berlaku pada pelajar SMA, SMK, dan SLB di Jabar. Penundaan jadwal masuk sekolah ini diharapkan bisa diikuti oleh tingkatan sekolah lainnya mulai dari SD hingga SMP yang di bawah kewenangan pemerintah kabupaten dan kota.

"Pemda Provinsi Jabar mengeluarkan kebijakan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi kemacetan. Pak Gubernur memberikan kebijakan masuk sekolah pada hari Kamis (tanggal 12 Mei 2022)," ungkap
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, di Kota Bandung, Kamis (5/5).

Baca Juga:

Arus Balik Mudik Mulai Nampak di Tol Palikanci

Uu meminta para Bupati/ Wali Kota di Jabar untuk memperhatikan kebijakan tersebut. Sehingga keluarga yang masih di kampung halaman supaya tidak bingung. Kami yakin para keluarga tak hanya anak SMA, tapi ada pula SD supaya antara anak SD, SMP.

"Semuanya seragam masuk pada hari Kamis," ujarnya.

Penundaan jadwal masuk sekolah juga diterapkan oleh dua Provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Banten. Keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Uu pun ingin penundaan jadwal masuk sekolah bagi pelajar ini disosialisasikan di Kabupaten/ Kota lainnya di Jabar, maka perlu dukungan dari para Bupati/ Wali Kota.

Baca Juga:

Aman Berkendara saat Arus Balik

Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik, maka kesepakatan penundaan jadwal masuk sekolah juga dilakukan menindaklajuti arahan dari Presiden RI, sehingga diambil keputusan bahwa jadwal kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022.

Dengan demikian para siswa dan tenaga kependidikan di Jabar dapat lebih santai dan tidak melakukan perjalanan di puncak arus balik, karena diprediksi puncak arus balik akan terjadi antara tanggal 6 - 8 Mei 2022.

"Untuk mengurai kemacetan yang terfokus masuk kerja hari Senin, mereka bisa berangkat dari tempat mudiknya lebih santai. Harapan kami hal ini diikuti oleh Bupati /Wali Kota," ungkapnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik yang Mulai Berlaku Besok

#Arus Mudik #Mudik #Arus Balik Mudik #Lebaran
Bagikan
Bagikan