Teknologi

Anti Mainstream, Perusahaan ini Jual Pakaian Khusus Robot

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 16 Oktober 2021
Anti Mainstream, Perusahaan ini Jual Pakaian Khusus Robot
Rocket Road khusus menjual produk pakaian robot (Foto: facebook/Rocket Road)

DI JEPANG ada sebuah perusahaan yang terbilang cukup unik yakni Rocket Road. Perusahaan tersebut membuat sebuah brand pakaian khusus untuk robot. Bukan hanya satu jenis robot, tapi untuk robot dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Tujuan dari perusahaan tersebut memproduksi pakaian robot ialah untuk menawarkan opsi penyesuaian dan menjembatani kesenjangan antara manusia dengan robot.

Baca Juga:

Tiongkok Uji Coba Robot Taxi Tanpa Pengemudi di Jalan Utama

Pada bulan lalu, Rocket Road mengumumkan peluncuran jajaran pertama pakaian pelindung fungsional untuk lengan robot. Pakaian dengan desain menarik dan fungsional itu tersedia dalam lebih dari 40 warna berbeda.

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral, pakaian tersebut terbuat dari bahan tahan debu, anti bakteri, anti air, dan tahan panas, yang dimaksudkan untuk mencerahkan lingkungan kerja yang hambar, dan memberikan sedikit tampilan baru pada robot.

Rocket Road menghadirkan pakaian untuk berbagai jenis robot. (Foto: facebook/robot uni)

Namun, peluncuran tersebut hanya proyek terbaru dari perusahaan Rocket Road. Menariknya, Rocket Road ternyata sudah lama menciptakan pakaian robot, dan memiliki portofolio yang sangat mengesankan.

Sebelum kamu melihat ide tentang pakaian robot, sebaiknya kamu mempertimbangkan bahwa robot sangat populer di Jepang. Dari mulai robot anjing aibo yang menggemaskan, hingga robot humanoid yang bisa meniru gerakan dan tindakan manusia.

"Sudah menjadi 'alami' bagi robot untuk memakai pakaian, akan sangat bagus kita bisa mendekatkan orang satu sama lain lewat pakaian robot, dari mulai anak-anak, perempuan, dan orang tua, akan dekat dan memanfaatkan robot untuk memperkaya kehidupan dan kehidupan sosial mereka," tutur CEO Rocket Road, Yukinori Izumi.

Baca Juga:

Robot Tangan 'Ringankan' Beban Jomlo

Lebih lanjut Yukinori pun menyampaikan bahwa dirinya merasa terhormat apabila pakaian robot bisa menciptakan kategori baru di industri pakaian, dan menjadi budaya baru di Jepang.

Dalam perjalanannya membuat pakaian Robot, Yukinori memiliki pengalaman hidup yang cukup berwarna. Setelah mempelajari Buddhisme Zen di perguruan tinggi, ia bekerja di desain ruang angkasa pada pameran ruang angkasa, sebelum memenuhi impian masa kecilnya menjadi pegulat profesional.

Kemudian, Yukinori pun sempat bekerja di Silicone Valley, sebelum kembali ke negara asalnya mendirikan perusahaan pakaian robot uniknya, Rocket Road.

Sejak 2016 lalu, Rocket Road sudah didedikasikan untuk menciptakan pakaian khusus berkualitas tinggi untuk berbagai robot. Rocket Road pun bekerjasama dengan sejumlah perusahaan robotika terbesar di Jepang, seperti halnya SoftBank Robotics, Sony dan Sharp.

Kendati pakaian robot mungkin terdengar seperti lelucon, menurut situs web Rocket Road, ini merupakan sebuah bisnis serius, yang sangat membutuhkan perhatian dan dedikasi penuh.

Pakaian tidak hanya harus pas dengan setiap robot dan sempurna agar terlihat modis, tapi ada faktor lain yang harus dipertimbangkan. Seperti halnya berat pakaian yang bisa berdampak pada sensori keseimbangan robot, pakaian bisa terbakar karena panas yang dihasilkan komponen robot, dan robot harus berfungsi dengan baik dengan atau tanpa pakaiannya. (ryn)

Baca Juga:

Viral! Teknologi Robot Terbaru yang Bisa Mencukur Rambut

#Teknologi Modern #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan