Anthony Albanese Dilantik Jadi PM Australia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 23 Mei 2022
Anthony Albanese Dilantik Jadi PM Australia
PM Australia terpilih Anthony Albanese. ANTARA/AAP/ Jason Edwards via REUTERS/tm

MerahPutih.com - Pemimpin Partai Buruh Anthony Albanese dilantik sebagai Perdana Menteri ke-31 Australia, Senin (23/5). Dia menggantikan Scott Morrison.

Albanese, yang dibesarkan di perumahan rakyat oleh ibunya seorang diri yang mengandalkan pensiun disabilitas, diambil sumpah oleh Gubernur Jenderal David Hurley dalam upacara di ibu kota Australia, Canberra.

"Ini hari penting dalam hidup saya, tapi hari penting bagi negara ini, ketika kita berganti pemerintah," kata Albanese kepada para wartawan, di luar kediamannya di pinggiran kota Sydney, menjelang upacara pelantikan.

Baca Juga:

Ribuan Warga Kota Beijing Dikirim ke Pusat Karantina Buat Kendalikan COVID-19

"Saya ingin menyalurkan kesempatan yang kita miliki untuk membentuk perubahan agar kita membawa rakyat bersama kita untuk berjalan menuju perubahan. Saya ingin membawa negara ini bersama-sama," ujarnya, dikutip Antara.

Pelantikan Albanese dilakukan kendati suara hasil pemilihan masih terus dihitung dan pemerintah baru belum selesai dibentuk.

Baca Juga:

Misi Ramos Horta Bawa Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Dengan demikian, sang PM baru Australia bisa menghadiri pertemuan utama kelompok keamanan "Quad" di Tokyo pada Selasa (24/5). Albanese pada pertemuan itu akan didampingi Menteri Luar Negeri Penny Wong yang juga baru dilantik.

Albanese mengatakan bahwa ia sudah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Minggu (22/5). Ia juga menantikan perjumpaan dengan Perdana Menteri Jepang dan India pada pertemuan tersebut. (*)

Baca Juga:

Para Mendag ASEAN Sepakat Perkuat Kolaborasi dan Hindari Rivalitas

#Breaking #G20 #KTT G20 #Australia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan