Antara Ponsel Pintar, Phablet, dan Tablet, Mana yang Kamu Pilih? KEtiga gawain ini kamu gunakan berdasarkan keperluan kamu (Foto: developer-tech)

ZAMAN sudah sudah semakin maju. Sekarang ini bisa disebut dengan zaman digital. Ya, semuanya serba canggih. Kemajuan teknologi semakin mempermudah kegiatan dan semuanya terlihat lebih simpel.

Semuanya berawal dari terciptanya komputer. Ditambah lagi dengan adanya dukungan internet. Komputer bisa menjadi alat multifungsi. Sebut saja saat offline komputer bisa digunakan untuk menulis, menghitung, dan lainnya. Yang terpenting saat online. Enggak usah ditanya deh, segudang manfaat bisa kamu gunakan melalui layar komputer.

Lebih kerennya lagi, semua fungsi komputer itu sekarang bisa hanya melalui genggaman tangan. Berkat perkembangan teknologi, sekarang ada ponsel pintar, phablet ataupun tablet yang bisa jadi pilihan kamu. Ketiganya disebut dengan gawai. Bahkan gak bohong deh banyak orang yang memiliki ketiganya sekaligus.

Pertanyaanya adalah, sebenarnya di antara ketiga gawai itu, mana sih yang paling kamu butuhkan? Orang awam pasti menyebut ketiga gawai itu sama.

Perbedaannya hanya dari ukurannya. Padahal masih banyak faktor pembeda dari ketiga gawai itu. Misalnya seperti kegunaan dan tentunya kelengkapan fitur.

(Foto: pixabay/FirmBee)

Ponsel pintar memiliki ukuran tidak lebih dari 5,6 inci. Gampangnya adalah segenggaman tangan. Dengan satu tangan saja ponsel pintar akan mudah digunakan. Di antara phablet dan tablet, ponsel pintar berukuran paling kecil.

Kemudian, phablet berada di tengah ponsel pintar dan tablet. Ukuranya melebihi ponsel pintar namun tidak lebih besar dari tablet. Phablet berukuran antara 5,6 sampai 6,9 inci.

Barulah, tablet berukuran paling besar. Jika lebih dari 7 inci masuk dalam kategori tablet. Nah berikut lebih lengkapnya dari perbedaan ketiga gawai tersebut.

Ukuran dan Kepraktisan

Kamu sudah tau ukuran lebih rinci mengenai ketiga gawai itu. Faktor ini perlu diketahui bagi kamu yang mau atau tidak mau ribet.

Setiap tahun sebenarnya ukuran layar ponsel pintar selalu berubah lebih besar. Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang ponsel pintar akan memiliki ukuran lebih besar dari sekarang ini.

Kamu yang malas bawa tas tentu ponsel pintar adalah pilihan kamu. Cukup menaruhnya di kantong. Sedangkan untuk phablet sebenarnya juga pas disimpan dalan kantong kamu. Cuma agak kurang enak dilihat saja, dan takutnya bisa jatuh saat kamu beraktivitas. Kalau mau disimpan dalam tas kurang bagus juga sih.

Sementara itu, kamu yang mau bawa tablet tentu harus mau repot. Tidak akan bisa disimpan melalui kantung celana. Ya mau gak mau kamu harus rela repot sedikit dengan membawa tas. Semuanya jadi kembali ke kamu lagi.

Media

Maksud dari media adalah keperluan seperti audio, video dan foto. Kamu yang mau pakai ponsel pintar akan lebih leluasa jika hobi mendengarkan musik. Tinggal taruh di kantong dan pasang earphone. Tapi kalau mau nonton video akan kurang nendang, ya karena layarnya terlalu kecil.

Lagi-lagi phablet berada di tengah. Kamu agak sulit kalau mau manfaatkan phablet sebagai media untuk mendengarkan musik. Tapi lumayan untuk nonton video. Tapi terkadang rasio gambar videonya juga agak pecah. Namun kalau soal video lebih baik deh pakai phablet dibandingkan ponsel pintar.

Kalau untuk menonton video, tablet rajanya. Kamu akan puas dengan besarnya layar tablet. Kamu akan mendapatkan pengalaman layaknya menonton televisi tapi simpel. Belum lagi kualitas gambar tablet yang sangat mendukung gambar HD.

Menelfon dan Mengirim Pesan

Sejatinya ponsel memiliki fungsi untuk menelpon dan mengirim pesan. Begitupula dengan ponsel pintar, kedua fungsi ini selalu melekat dan tak akan terganti. Sementara itu fitur adalah sebagai tambahan seperti kamera, MP3, dan lainnya.

(Foto: pixabay/freephotocc)

Sebaliknya phablet memiliki fungsi lain. Fitur adalah suatu keutamaan. Tidak jarang orang membeli phablet karena fitur yang ditawarkan menggiurkan. Sejumlah aplikasi dapat ditampung phablet. Untuk phablet, menelfon dan mengirim pesan menjadi 'fitur tambahan'.

Kalau tablet enggak mungkin ya untuk digunakan menelfon. Tablet lebih sering digunakan untuk mengunduh segudang aplikasi keren, terutama game. Meskipun bisa juga sih untuk menelfon. Namun agaknya sedikit aneh menelfon dengan gawai berukuran besar. Tablet sendiri memiliki data seluler pribadi jadi kamu enggak perlu bergantung dengan wifi.

Fitur dan Harga

Soal fitur, itu tergantung pada harga gawai. Ponsel pintar mahal memiliki prosesor yang lebih cepat dan penyimpanan memori yang lebih tinggi dan sebaliknya. Ponsel pintar hadir dengan berbagai fitur termasuk kamera dan audio.

Phablet memiliki fitur luar biasa, namun ada juga yang dilengkapi fitur biasa. Phablet dengan fitur biasa berharga lebih murah. Sementara untuk tablet sendiri juga dilengkapi dengan berbagai fitur namun bergantung dengan harganya.

Intinya semua tergantung dengan harga. Mau gawai apapun jika dengan harga mahal tentunya akan dilengkapi berbagai fitur canggih. Sebaliknya gawai dengan harga lebih ekonomis hanya dengan fitur terbatas.

Kreativitas

Ponsel pintar memang sangat berguna bagi hidup kamu. Segalanya bisa dilakukan melalui ponsel pintar. Namun belum tentu bisa menunjukkan kreativitas kamu. Mungkin kamu bisa mengunduh aplikasi kreatif namun kerja ponsel pintar akan lebih berat.

Nah, kalau phablet dan tablet bisa kamu jadikan alat untuk membangun kreativitas kamu. Misalnya mengedit foto. Melalui phablet kamu bisa mengunduh aplikasi seperti photoshop. Kamu akan leluasa mengedit foto tanpa ada hambatan. Ditambah kamu juga bisa mengunduh aplikasi entri data atau aplikasi untuk menulis.

Untuk tablet sendiri tentunya sangat tepat untuk membangun kreativitas kamu. Beberapa tablet ada yang dilengkapi dengan pulpen. Ya, benar sekali kamu bisa berlatih menggambar sambil menikmati berbagai aplikasi keren lainnya. Biasanya tablet juga digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti menulis dan tentunya pendataan seperti microsoft excel.

Kesimpulannya adalah kalau kamu hanya perlu untuk menelfon, mengirim pesan namun ingin punya beberapa fitur tambahan, kamu bisa menggunakan ponsel pintar. Lalu, kalau kamu ingin mendapatkan kelebihan ponsel pintar dan bisa bermain game silakan gunakan phablet.

Sedangkan untuk kamu yang butuh berbagai fitur dan perlu fitur canggih penunjang pekerjaan tablet harus kamu pilih. Tablet juga bisa menjadi pengganti laptop. Meskipun perannya tidak bisa menggantikan laptop sepenuhnya. Namun sah-sah saja kok kalau kamu punya ketiganya. (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Tips Merawat Gawai Agar Tahan Lama

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH