Anjing Kintamani Mendapatkan Pengakuan Internasional Anjing Kintamani diakui internasional sebagai trah asali Indonesia. (Foto: instagram@nebangli)

ANJING Kintamani dari Bali telah diakui secara internasional oleh Fédération Cynologique Internationale (FCI). Surat pengakuan secara resmi diserahkan oleh organisasi yang berbasis di Belgia pada 20 Februari, ditandatangani oleh direktur eksekutifnya Yves De Clercq.

Ketua Indonesia Kennel Klub (IKK), Benny Kwok Wie Sioe, mengatakan bahwa anjing Kintamani adalah jenis anjing Indonesia pertama yang diakui secara internasional. “FCI telah menyatakan kepada dunia bahwa anjing Kintamani adalah jenis anjing asli Indonesia,” kata Benny.

anjing kintamani
Karakter anjing Kintamani cerdas, waspada dan lemah lembut. (Foto: instagram@arprakasa)

Baca juga: 4 Fakta Menarik Tentang Anjing yang Perlu Kamu Tahu! Nomor 4 Paling Keren

Sejalan dengan pengakuan FCI, anjing ini dapat bergabung pada kompetisi internasional dan pertunjukan anjing. Dokumen kelahiran Kintamani pun menggunakan logo resmi FCI.

Surat pengakuan dari FCI itu kemudian diserahkan pada Gubernur Bali I Wayan Koster. “Sebagai orang Bali, saya merasa sangat bangga atas pengakuan internasional. Ini menunjukkan bahwa dunia mengakui bahwa Bali memiliki ras anjing asli berkualitas tinggi yang layak untuk berpartisipasi dalam kompetisi nasional dan internasional,” kata Koster.

anjing kintamani
Secara resmi anjing Kintamani dapat ikut kontes internasional. (Foto: instagram@cinta.kintamani)

Koster mengatakan pengakuan itu harus memotivasi semua orang Bali untuk tetap melestarikan dan mengembangkan hewan dan tumbuhan setempat. “Kami memiliki alam yang menakjubkan dengan banyak hewan dari Bali, seperti jalak Bali dan sapi Bali. Hewan-hewan ini harus dilestarikan agar ekosistem kita di Bali unik. Itu juga nilai bagi perekonomian kita,” katanya.

Benny mengatakan anjing Kintamani sangat cerdas dan telah memenangkan beberapa kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. “Saya juga punya anjing Kintamani. Mereka memiliki kecerdasan luar biasa, ”kata Benny.

anjing kintamani
Dokumen kelahiran anjing Kintamani akan memakai logo resmi FCI. (Foto: instagram@kubopaws)

Dalam dokumen FCI disebutkan bahwa anjing Kintamani adalah trah nasional Republik Indonesia. Anjing ini dalam dokumen itu disebutkan sebagai anjing yang seimbang dengan tubuh persegi panjang, kepala berbentuk baji, pemberhentian sedang, tusukan telinga dan ekor sabit dengan mantel ganda, mantel luar kasar dengan panjang sedang di tubuh dan lebih pendek dari wajahnya. Anjing Kintamani waspada, cerdas, lemah lembut, setia dan mudah dilatih. (gsl)

Baca juga: Manakah yang Lebih Pintar, Anjing atau Kucing?



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH