Animator Indonesia Terlibat dalam Produksi Film 'Wish' Disney

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 21 November 2023
Animator Indonesia Terlibat dalam Produksi Film 'Wish' Disney
Griselda juga berperan sebagai Associate Production Designer. (Foto: Disney Indonesia)

FILM terbaru Disney berjudul Wish, melibatkan animator Indonesia untuk menjadi bagian dari proses produksi filmnya yakni Griselda Sastrawinata-Lemay. Griselda juga berperan sebagai Associate Production Designer dan berkontribusi dalam merancang kostum untuk karakter Asha, King Magnifico, Queen Amaya, Valentino, dan Star.

Film Wish dijadwalkan tayang pada 22 November 2023 di bioskop. Yuk, simak fakta menarik tentang keterlibatan Griselda Sastrawinata-Lemay dalam film Wish, seperti dirangkum dalam siaran pers Disney.

Baca juga:

Kupas Tuntas Ide Kreatif Film 'Wish' Produksi Disney Bersama Talenta Tanah Air

Animator Indonesia Terlibat dalam Produksi Film 'Wish' Disney
Griselda Sastrawinata-Lemay. (Foto: Disney Indonesia)


1. Inspirasi dari karya animasi klasik Disney

Griselda tumbuh besar di Indonesia dan mulai jatuh cinta dengan karya-karya animasi Walt Disney Animation Studio, seperti film Sleepping Beauty dan Cinderella. Sejak kecil, ia bermimpi untuk menjadi orang yang berkesempatan untuk menggambarkan karakter animasi Disney.

Bertepatan dengan Wish yang juga hadir untuk merayakan 100 tahun hadirnya Disney, kemudian menjadi inspirasinya untuk menghadirkan detail dari beberapa film ikonik.

Menurutnya, detail-detail ini adalah caranya berterima kasih kepada Walt Disney karena telah membuatnya tumbuh dengan mimpi-mimpi dan pengalaman magis yang melekat. Contoh dari detail menarik ini adalah biji-biji labu yang menjadi bagian dari motif dalam pakaian karakter utama film ini, Asha. Inspirasi itu didapatkan Griselda dari animasi klasik Cinderella.

2. Butuh lebih dari 80 percobaan dalam merancang kostum Asha

Sebagai Associate Production Designer, Griselda juga bertanggung jawab dalam mengembangkan setiap detail untuk kostum karakter di film Wish. Asha yang merupakan karakter utama, harus memiliki kostum yang menonjol namun tetap dapat membaur dengan seluruh masyarakat di Kerajaan Rosas.

Oleh karena ini, Griselda menjalani proses yang cukup panjang untuk akhirnya sampai kepada desain final Asha. Griselda bercerita bahwa, dibutuhkan lebih dari 80 versi berbeda dari kostum Asha sampai akhirnya pilihan jatuh kepada desain yang penggemar dapat lihat di poster ataupun di trailer.

Baca juga:

Kenalan dengan Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia Pembuat Karakter di 'Wish'


3. King Magnifico, Raja Rosas yang tampan nan modis

Griselda menciptakan pakaian King Magnifico dengan beberapa poin penting. Salah satunya adalah King Magnifico selalu ingin dikenali masyarakatnya. Oleh karena itu, King Magnifico menggunakan jubah panjang dengan tulisan 'M' di punggungnya agar orang-orang tidak melupakannya. Pemilihan detail untuk kostum King Magnifico ini menciptakan karakter raja yang tidak menyadari kejahatannya menjadi semakin unik dan kompleks.

4. Karakter dengan pergantian kostum terbanyak

Karakter Asha memiliki kambing peliharaan bernama Valentino dan Star, bola kecil dengan kekuatan tak terbatas. Karakter ini menjadikan perjalanan Asha dalam menyelamatkan Kerajaan Rosas sangat menyenangkan namun menegangkan. Keunikan karakter Valentino dan Star juga tidak luput dari kostum yang mereka gunakan.

Griselda menjelaskan, Valentino mengalami banyak perubahan dalam kostumnya karena kepemilikannya sepanjang film. Awalnya, ia adalah kambing milik kakeknya, lalu milik ibunya, dan sekarang milik Asha. Pemilik yang berbeda, membuat Valentino memiliki pakaian-pakaian yang berbeda juga. Berbeda halnya dengan Star, karakter yang menggemaskan ini berganti-ganti atribut, menyesuaikan dengan situasi yang dihadapi. (and)

Baca juga:

Griselda Sastrawinata, Orang Indonesia di Balik Moana

#November Sebangsa Berkibar #Film #Disney #Film Disney
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan