Anies Tetapkan Tarif Sewa Rusun KS Tubun Rp1,5 Juta per Bulan

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 25 Juni 2019
Anies Tetapkan Tarif Sewa Rusun KS Tubun Rp1,5 Juta per Bulan
Pekerja menyelesaikan proyek kontruksi pembangunan Rusunawa. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana meresmikan 12 Rumah Susun (Rusun) di Ibu Kota pada bulan Agustus mendatang. Salah satunya Rusunawa KS Tubun Tanah Abang, Jakarta Pusat, dengan harga sewa Rp1,5 juta per bulan.

Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat Disperkim DKI Jakarta Meli Budiastuti mengatakan saat kini Pemprov DKI tengah melakukan proses verifikasi berkas para pemohon yang mendaftar untuk menghuni Rusun.

BACA JUGA: Pergub Rusun Digugat, Anies: Insya Allah Menang

Kata Meli, verifikasi itu melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk kelengkapan persyaratan. Kemudian terhadap para pendaftar yang sudah diverifikasi nanti akan diundi sebelum menempati.

"Paling lambat rencananya memang Agustus. Saat ini sedang proses verifikasi terhadap para termohon yang mendaftar," ujar Meli Budiastuti saat dihubungi, Selasa (25/6).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Tarif sewa Rusunawa KS Tubun dan lainnya ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2018 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Perumahan juncto Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2019 yang diteken Gubernur Anies.

Harga sewa Rusun KS Tubun, Palmerah Jakarta Barat, ditetapkan Rp 1,5 juta per-bulan. Harga itu, untuk masyarakat DKI berpenghasilan Rp 4,5 hingga 7 juta.

BACA JUGA: 170 KK di Bantaran Kali Ciliwung Direlokasi ke Rusun

Meli mengaku, ada tiga tower di Rusun KS Tubun yang terdiri atas 16 lantai atau 524 unit dengan fasilitas berbeda pada beberapa bagian. Lantai 1 berisi kantor pengelola, ruang taman belajar pendidikan anak usia dini (PAUD), ruang kesehatan, aula, dan bank yang masih kosong.

Kemudian di lantai 2 dan 3 berisi ruang usaha yang berderet dengan total 113 ruang. Ada pula Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bambu Kuning di halaman rusun.

Adapun 12 Rusun di DKI yang akan diresmikan:

- Rusun K.S Tubun sebanyak 524 unit.


- Rusun BLK Pasar Rebo sebanyak 346 unit.


- Rusun Nagrak sebanyak 3.570 unit.


- Rusun Rorotan sebanyak 1.020 unit.


- Rusun Semper sebanyak 233 unit.


- Rusun Rawa Buaya sebanyak 778 unit.


- Rusun Pulogebang Penggilingan sebanyak 636 unit.


- Rusun Penggilingan sebanyak 1.530 unit.


- Rusun Pulogebang sebanyak 255 unit.


- Rusun Rawa Bebek sebanyak 255 unit.


- Rusun Pengadegan 188 unit.


- Tegal Alur sebanyak 95 unit.

(Asp)

#Rusunawa #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan