Anies Terbitkan Ingub Upacara Kemerdekaan RI di Pulau D Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT ke-74 RI.

Ingub tersebut ditekan Anies pada 12 Agustus 2019 di Jakarta. Dalam Ingub itu Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI diwajibkan untuk melaksanakan upacara 17 Agustus di Pantai Maju atau Pulau D Reklamasi Teluk Jakarta.

Baca Juga: DPRD: Dasar Anies Bikin IMB Reklamasi Pulau D Apa?

"Mengikuti Upacara pada hari: Sabtu, 17 Agustus 2019, pukul: 07.30 s.d. selesai. Tempat: Kawasan Pantai Maju Kota Administrasi Jakarta Utara," bunyi ingub Nomor 71 Tahun 2019, Selasa (13/8).

Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT ke-74 RI
Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT ke-74 RI

Anies menuturkan, sebagai kontrol disiplin semua perangkat daerah wajib mengirimkan daftar hadir pegawai yang mengikuti Upacara kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Chaidir paling lambat satu setelah Upacara.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta jajaran Pemprov DKI pria harus sudah siap di lokasi Upacara Kemerdekaan pada pukul 7.00 WIB dengan berpakaian seragam KORPRI lengkap, celana biru dongker, memakai peci hitam polos dan sepatu hitam.

Baca Juga: Anies Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

Sedangkan bagi pegawai wanita memakai jilbab warna biru dongker dilarang memakai celana panjang.

"Apabila sebelum Upacara Bendera dimulai turun hujan, maka Upacara
dialihkan ke tempat yang mennungkinkan," tutur Anies.

Sebelumnya, Anies menjelaskan alasan Pemprov DKI memilih Pantai Maju karena di lahan Reklamasi tersebut dirasa cukup untuk menampung peserta upacara dari jajaran pegawai pemerintahan DKI.

"Kita semata-mata tempat yang cukup menampung kita semua. Ya banyak orang," jelasnya.

Anies juga mengaku, bahwa Pemprov DKI mau berubah-rubah setiap tahunnya tempat pelaksanaan upacara kemerdekaan negara Indonesia.

Baca Juga: PDIP Tak Setuju Pemprov DKI Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

"Kita geser di lapangan Banteng, kemudian besok di mana lagi, jadi upacara 17an tempatnya variasi, salah satu yang dipertimbangkan disitu, keputusannya belum, masih ada waktu," jelasnya (Asp).

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH