Anies Tegaskan Perekonomian Jakarta Jalan Terus Meskipun Ibu Kota Pindah Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menanggapi santai wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke kawasan Kalimantan.

Menurut Anies, kegiatan ekonomi di Jakarta akan tetap berjalan, meakipun nantinya ibu kota bukan lagi di Jakarta.

Baca Juga: Ini Daerah di Pulau Jawa yang Kecipratan Untung dari Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

"Klo kegiatan perekonomian di Jakarta insya Allah akan jalan terus karena yang sedang dalam proses kan administrasi pemerintahan. Tapi untuk kegiatan perekonomian akan tetap di Jakarta," kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Anies tak risaukan Jakarta jika ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: merahputih.com/Asropih)

Karena, kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, arahan dari Presiden Jokowi lembaga pemerintahan yang terkait dengan bisnis dan perekonomian akan tetap berada di Ibu Kota Jakarta. Seperti Bank Indonesia.

"Bahkan arahan dari pak presiden memang bank Indonesia, kemudian lembaga-lembaga pemerintahan yang terkait dengan bisnis dan perekonomian akan tetap di Jakart," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi secara resmi menyatakan pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Rencana itu disampaikannya saat pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR pada 16 Agustus 2019 lalu.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Kritisi Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Dinilai Terburu-Buru

Namun Jokowi belum menentukan lokasi ibu kota baru. Jokowi mengatakan pemerintah masih menunggu beberapa kajian lagi terkait pembangunan ibu kota baru menggantikan DKI Jakarta itu.

"Akan kita umumkan pada waktunya, masih menunggu kajian, tinggal satu, dua kajian yang belum disampaikan kepada saya," ujar Jokowi Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (22/8).(Asp)

Baca Juga: Kalimantan Timur Ditunjuk Sebagai Lokasi Baru Ibu Kota Indonesia

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH