Anies Tegaskan Larangan Berkumpul Saat PSBB Untuk Kurangi Interaksi Anies Baswedan ungkap mulai Jumat (10/4) Pemprov DKi akan berlakukan PSBB (MP/Asropih)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bukan soal larangan berkumpul saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tetapi untuk mengurangi potensi interaksi.

"Bukan soal jumlah lima orang atau lebih, tetapi tujuannya untuk mengurangi potensi interaksi sesama warga," tegas Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Kamis (10/4).

Baca Juga:

Sri Sultan Tegaskan Yogyakarta Belum Akan Terapkan PSBB

Gubernur Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diberlakukan mulai Jumat (10/4) dini hari. Pergub yang berisi 28 pasal itu dibuat untuk memutus rantai virus corona COVID-19 berlaku selama 14 hari.

Potensi interkasi penyebaran COVID-19 dijelaskan dalam beberapa pasal diantaranya pasal 5 ayat (4) yakni pembatasan aktivitas luar rumah meliputi pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan/atau institusi
pendidikan lainnya.

Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan perpanjangan masa tanggap COVID-19 di ibu kota beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Humas DKI Jakarta)

Aktivitas bekerja di tempat kerja, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, kegiatan di tempat atau fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya dan pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi.

Pembatasan itu, sebagaimana dikutip Antara, bertujuan untuk menyelematkan semua orang dari wabah COVID-19. Menurut dia, Jakarta bukan kota pertama yang menghadapi wabah tersebut.

Baca Juga:

Update COVID-19 DKI: 27.696 Rapid Test 829 Positif Corona

Berbagai kota menghadapi masalah yang sama, namun diberlakukannya pembatasan sosial ini agar masyarakat Jakarta semakin kuat.

Anies mengingatkan masyarakat yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah untuk terus menggunakan masker, khususnya masker kain sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH