Anies Tanggapi Pernyataan Jokowi Penyebab Banjir karena Sampah Gubernur Anies Baswedan saat meninjau lokasi banjir. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa salah satu penyebab banjir yang mengepung sejumlah wilayah Jakarta adalah sampah.

Menanggapi pernyataan itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung Bandara Halim Perdana Kusuma yang terkena imbas banjir. Ia mengatakan, tidak banyak sampah yang di sana.

Baca Juga:

Menkes ke Pengungsi Korban Banjir Cipinang Melayu: Sehat-sehat Ya

"Halim itu setahu saya enggak banyak sampah, tapi bandaranya kemarin tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak. Tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan," kata Anies saat melakukan peninjauan di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (2/1).

Orang nomor satu di Jakarta ini menegaskan bahwa saat ini Pemprov DKI memilih fokus terhadap penanganan banjir dan penyelamatan warga dibandingkan mencari faktor penyebab dari banjir.

Gubernur Anies Baswedan (tengah) saat meninjau lokasi banjir. (Foto: MP/Asropih)
Gubernur Anies Baswedan (tengah) saat meninjau lokasi banjir. (Foto: MP/Asropih)

"Kita fokus pada penyelematan warga, fokus pada evakuasi warga. Sesudah ini beres, lalu kita duduk kumpulkan data yang lengkap lalu berbicara objektif. Apa saja faktor berkontribusi," jelas Anies.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa bencana alam banjir terjadi karena adanya kerusakan ekosistem lantaran masih banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan.

Baca Juga:

Dokumen Penting Kena Banjir? ANRI Beri Layanan Restorasi Arsip Gratis

Ia juga menginginkan bencana banjir bisa dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Ini harus dikerjakan bersama-sama. Pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot semuanya bekerja sama dalam menangani ini karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem kerusakan ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana banyak hal," kata Jokowi. (Asp)

Baca Juga:

Ini Kata Presiden Jokowi Tentang Banjir yang Terjadi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH