Headline

Anies Tandatangani Nota Kesepahaman Program Samsat Online Nasional

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 04 April 2019
Anies Tandatangani Nota Kesepahaman Program Samsat Online Nasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) program Samsat Online Nasional di Ruang Vicon Lantai 2 Gedung NTMC, Jl. Letjen MT Haryono Kav. 37-38, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/4).

Anies mengapresiasi inovasi berbasis teknologi digital yang memudahkan masyarakat mengurus administrasi Samsat tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

"Hari ini, yang selama ini mungkin berjenjang di mata masyarakat, hari ini diintegrasikan, teknologi memfasilitasi. Khusus pada tiga instansi, yaitu Polri, Kemendagri, dan Jasa Raharja yang menggagas, mewujudkan pelaksanaan Sistem Samsat Online yang diawali pada tahun 2017, dan hari ini akan ditingkatkan pada level nasional," ujar Anies di lokasi.

Anies menuturkan, pengintegtasian layanan bukan sekadar memudahkan berbagai institusi pemerintahan dalam bekerja, tapi yang jauh lebih penting adalah memudahkan warga mendapatkan pelayanan.

Melalui aplikasi Samsat Online Nasional yang dapat diunduh pada Google Play maupun App Store, masyarakat akan merasakan semua layanan yang melewati pintu Samsat menjadi layanan yang berjalan efektif-efisien.

"Kita berharap nantinya dengan adanya pengintegrasian ini, dari sisi masyarakat ada kemudahan di dalam mengurus apapun. Dengan demikian, maka mutu pelayanan akan terus-menerus bisa kita tingkatkan," tutur dia.

Anies menjabarkan, program Samsat Online Nasional akan meningkatkan pendapatan asli daerah yang bermanfaat bagi pembangunan di penjuru wilayah Indonesia. Anies juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi baru ini dengan cara mengunduhnya di telepon pintar masing-masing.

Samsat
Gerai Samsat

"Hari ini, di Jakarta rata-rata 14.000 warga yang mengerjakan secara manual. Ini harus pindah, sekarang menggunakan online. Fasilitasnya ada. Tidak memiliki implikasi biaya. Nyaman, mudah, dan tuntas. Tanpa harus menghabiskan waktu, biaya untuk mengerjakan secara manual," tutupnya (Asp)

#Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan