Anies tak Menduga Pengunjung Pasar Tanah Abang Naik 2 Kali Lipat

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 02 Mei 2021
Anies tak Menduga Pengunjung Pasar Tanah Abang Naik 2 Kali Lipat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5). ANTAR

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, buntut dari membludaknya masyarakat yang membeli pakaian menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Anies mengatakan, jika pada Sabtu (1/5) kemarin memang ada lonjakan masyarakat dibandingkan hari-hari biasa di pasar grosir terbesar se Asia Tenggara itu.

Baca Juga

Pengunjung Pasar Tanah Abang Membludak, Pemprov DKI Terjunkan Satgas COVID-19

"Memang pak Dirut pasar jaya melaporkan bahwa terjadi lonjakan yang luas biasa hari sabtu kemarin," ujar Anies di Pasar Tanag Abang, Jakpus, Minggu (2/5).

Orang nomor satu di Jakarta ini juga mengungkapkan, masyarakat yang datang ke Pasar Tanah Abang pada hari kemarin naik dua kali lipat dari hari sebelumnya. Mengingat kemarin weekend dan menjelang lebaran.

"Hari Jumat dan hari2 biasanya itu paling sekitar 35 ribu. Kemarin itu 87 ribu orang yang datang. Jadi, memang hari kemarin terjadi lonjakan yang tidak terduga," urai Anies.

Petugas keamanan di Pasar Tanah Abang terlihat memantau penerapan protokol kesehatan pengunjung dan pedagang (ANTARA/Anisyah Rahmawati)

Untuk mengantisipasi membludaknya warga, lanjut Anies, pihaknya mengerahkan sebanyak 750 personel gabungan untuk membantu Pasar Jaya dalam mengendalikan pergerakan warga dan memastikan pengunjung mengikuti protokol kesehatan.

Dengan rincian, 250 orang dari satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI, 250 dari kepolisian Polda Metro Jaya, dan 250 berasal dari unsur TNI yakni dari Kodam Jaya.

"Hari ini mereka akan berada di lapangan bekerja untuk memastikan bahwa jumlah warga yang datang ke pasar, yang tinggi itu," ungkap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengingatkan kepada masyarakat yang mengunjungi Pasar Tanah Abang untuk dapat menaati protokol kesehatan agar kasus COVID-19 tak lagi mengganas.

"Kita sama sekali tidak terprediksi kemarin muncul angka 2 kali lipat dari biasanya," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga

Soal Kerumunan Pasar Tanah Abang, NasDem DKI: Pemprov DKI Harus Tegas

#Pasar Tanah Abang #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan