Anies soal Hasil Survei: Kami Berpengalaman Dinomortigakan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 11 September 2023
Anies soal Hasil Survei: Kami Berpengalaman Dinomortigakan
Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat konferensi pers di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/9). ANTARA/Fath Putra Mulya

MerahPutih.com - Bakal calon presiden (capres) dari Partai NasDem Anies Baswedan merespons hasil survei sejumlah lembaga yang menempatkan dirinya berada pada posisi ketiga di antara bakal capres lainnya.

Anies menanggapi santai hasil survei tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah berpengalaman dinomortigakan.

Baca Juga

Tanggapan Anies Soal Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres Dimajukan

"Berkaitan dengan survei, saya sudah sampaikan berkali-kali bahwa kami sudah sangat berpengalaman dinomortigakan, dan itu memang lebih baik begitu," tutur Anies di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Meskipun demikian, Anies optimistis untuk langkahnya ke depan. Ia pun meminta semua pihak menunggu perkembangan elektabilitasnya dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Insya Allah, nanti kita akan lihat perkembangannya pada minggu-minggu dan bulan-bulan ke depan," tegasnya

Eks Rektor Universitas Paramadina itu juga mengenang survei elektabilitas dirinya sebelum mengikuti Pilkada DKI 2017.

"Di Jakarta belum pernah dalam survei kami di posisi nomor dua, apalagi nomor satu. Akan tetapi, ketika hasil pilkada keluar, kita sudah tahu hasilnya seperti apa," ucap Anies.

Baca Juga

PKS Umumkan Dukungan Anies-Cak Imin pada Jumat

Temuan elektabilitas capres dari sejumlah lembaga survei cenderung menempatkan Anies di posisi ketiga setelah Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Terbaru, Ipsos Public Affairs menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan Gen Z (17—24 tahun), yaitu sebesar 42,40 persen. Sementara itu, Prabowo Subianto sebesar 41,6 persen dan Anies Baswedan 16 persen.

Di kalangan milenial (25—39 tahun), Ganjar masih unggul di angka 39,90 persen, lalu Prabowo 35,71 persen, dan Anies Baswedan 24,38 persen.

Sementara itu, di kalangan pemilih dengan rentang usia 40—49 tahun, Ganjar 35,42 persen, Prabowo 41,67 persen, dan Anies 22,92 persen.

Di kalangan pemilih dengan rentang usia 50—59 tahun, Ganjar 47,90 persen, Prabowo 29,41 persen, dan Anies Baswedan 22,69 persen. Sementara itu, kalangan pemilih usia di atas 60 tahun, Ganjar 27,27 persen, Prabowo 36,36 persen, dan Anies Baswedan 36,36 persen. (*)

Baca Juga

Jubir Anies Kritik Pemerintah atas Harga Beras yang Kian Melonjak

#Anies Baswedan #Muhaimin Iskandar #Capres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan