Anies Serahkan Raperda APBD Tahun 2020 ke Pimpinan DPRD DKI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan Raperdan APBD DKI tahun 2020 ke DPRD. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI tahun anggaran 2020 ke pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Kebijakan Umum RAPBD DKI 2020 yang meliputi kebijakan Pendapatan Daerah, Belanja Daerah, dan Pembiayaan Daerah.

Baca Juga:

Anies Panggil Kepala Pengelola Monas, Ada Apa?

Anies pun menegaskan bahwa APBD DKI tetap difokuskan pada implementasi program-program strategis yang dirincikan dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD). KSD ini disusun sebagai pelaksanaan RPJMD Tahun 2017-2022 untuk memenuhi kebutuhan dasar, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ANTARA/Fauzi Lamboka)

"Jadi program-program strategis yang kita sebut juga sebagai KSD itu akan terus kita laksanakan di tahun 2020 ini. Dan kita bersyukur, beberapa program strategis itu disepakati bersama dengan baik, termasuk misalnya terkait dengan air dan lain-lain," papar dia.

Total Rancangan APBD DKI Jakarta tahun 2020 sebesar Rp87,95 triliun. Total RAPBD ini meningkat sebesar 1,22 persen dibandingkan dengan Perubahan APBD 2019 sebesar Rp86,89 triliun.

Baca Juga:

Anies Fasilitasi Aksi 212, Beda Saat Zaman Ahok Memimpin

Anies juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dan bekerja sama dengan baik dalam penyusunan Raperda APBD DKI Jakarta 2020. Diharapkan eksekutif dan legislatif dapat menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD 2020 sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.

Ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta. Foto: MP/Asropih
Ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta. (Foto: MP/Asropih)

"Saya berharap penjelasan ini dapat membantu memperlancar pembahasan pada rapat-rapat fraksi dan komisi, sehingga dewan dapat mempertimbangkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 ini, untuk disetujui menjadi peraturan daerah," tutup Anies. (Asp)

Baca Juga:

Anies Ubah Pergub Perjalanan Dinas, Rombongan Pejabat Bisa Lebih dari Lima Orang



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH