Anies: Sejauh Mata Memandang, Hanya Hamparan Liang Kubur

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 16 Juli 2021
Anies: Sejauh Mata Memandang, Hanya Hamparan Liang Kubur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di TPU Rorotan. (Foto: Antara)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Taman Pemakaman Umun (TPU) khusus COVID-19 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7). Dalam peninjauan itu, Anies didampingi Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati.

Dilatari ufuk senja, wajah Anies terlihat sedih menyaksikan luasnya keterisian lahan TPU Rorotan. Petak-petak makam itu diisi jenazah korban COVID-19 di Jakarta. Padahal, Februari 2021, di lokasi itu masih berupa lahan kosong dengan hamparan sawah sejauh mata memandang.

Baca Juga:

Ingat! Ini Tiga Kasus Wajib Dimakamkan dengan Prosedur COVID-19

"Kini sejauh mata memandang, hanya hamparan liang kubur," ujar Anies.

Tidak sampai di situ, Anies juga memberikan makanan kepada petugas pemakaman. "Selamat bertugas, jaga stamina, dan jaga kesehatan," ujar Anies.

Anies mengatakan, pada Rabu (14/7) petugas memakamkan jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 mencapai 306 jenazah. Angka tersebut bukan sekadar angka statistik, melainkan kondisi yang sangat menyedihkan yang benar dialami Ibu Kota.

Anies tinjau makam di Rorotan. (Foto: Antara)
Anies tinjau makam di Rorotan. (Foto: Antara)

Anies sebelumnya juga sempat mengunjungi TPU Rorotan akhir bulan Juni. Anies menginspeksi kesiapan sejumlah petugas pemulasaraan jenazah dan pemakaman dan juga memberikan semangat. Anies bertemu seorang ibu yang mengunjungi makam suaminya di sana, tampak menangis sedih di atas pusara makam jenazah lelaki 54 tahun yang baru saja dikuburkan.

Padahal, sepekan sebelumnya, almarhum masih terlihat sehat. Akan tetapi, karena terinfeksi COVID-19, akhirnya ia pun meninggal dunia. Menurut Anies, pandemi COVID-19 saat ini adalah sebuah peringatan betapa lemahnya manusia berhadapan dengan musuh tak terlihat.

Baca Juga:

COVID-19 Mengganas, DKI Siapkan 11.643 Petak Makam

Untuk itu, dia meminta agar warga benar-benar memanjatkan doa kepada Sang Pencipta agar lonjakan kasus COVID-19 saat ini segera berakhir. (Asp)

#Anies Baswedan #Pemakaman
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan