Anies Sebut Banjir Cawang Disebabkan Pembangunan LRT Cawang-Pancoran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Banjir yang melanda kawasan Cawang, Jakarta Timur pada Rabu (3/4) kemarin menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebabkan oleh pembangunan LRT Cawang-Pancoran.

Selain itu, pembangunan tol Becakayu juga menambah parah banjir yang ketinggian airnya mencapai 60 cm tersebut.

"Terlihat adalah volume penampang saluran air sepertiganya sudah tertutup sama lumpur. Padahal di sini nyebrang airnya ke sisi utara. Dari situlah bottle-neck terjadi," ujar Anies di Jakarta, Kamis (4/4).

Anies saat meninjau lokasi banjir di Cawang
Gubernur Anies Baswedan saat meninjau lokasi banjir di Cawang, Jakarta Timur (Foto: antaranews)

Harusnya, kata Anies, pihak kontraktor pembangunan kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) memikirkan agar lumpur-lumpur proyek LRT tidak masuk ke saluran air. Ia juga meminta kontraktor LRT harus memikirkan analisis dampak lingkungan (AMDAL).

BACA JUGA: Anies Jamin Tanggul Baswedan Tak Jebol Jika Bendungan Bogor Rampung

6 Ruas Tol Dalam Kota Diambil Pemerintah, Begini Penjelasan Anies Baswedan

Taman Mirip RPTRA Buatan Anies Baswedan Habiskan Dana Rp27 Miliar

"Kalau pengelola proyek bekerja dengan baik maka dia akan membuat penangkal agar lumpur tidak masuk ke dalam saluran. Panjang (saluran) nya kira-kira 30 meter. Bisa bayangkan ada saluran di bawah jalan sebesar panjang 30 meter dan dia tertutup ya sudah. Alamat daerah sini akan macet," tuturnya.

Rencananya Anies akan memanggil pihak Adhi Karya selaku pengelola proyek LRT dan Tok Becakayu untuk membahas dampak lingkungan terhadap kawasan sekitar.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo