Anies Data Ada 200 RW di Jakarta Terkepung Banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pengecekan langsung ke Pintu Air Manggarai, Jakarta, pada Selasa (25/2). Tinjauan Anies itu untuk melihat kondisi pintu air tersebut disaat Jakarta diguyur hujan sejak Senin (24/2) kemarin malam.

Dalam pengecekan itu, Anies mengaku sudah lebih 200 Rukun Warga (RW) dari 2738 RW di Jakarta yang terkepung banjir pada Selasa (25/2).

Baca Juga

Penyebab Banjir di Jakarta Versi Kepala BNPB

Namun, Anies belum berani mengungkapkan di mana saja titik lokasi yang terendam banjir. Sebab, saat ini masih didata dan kemungkinan besar akan terus meningkat.

"Saat ini jumlah RW yang terdampak masih berjalan terus, di atas 200 RW yang terdampak, dari 2738 RW yang Ada di Jakarta," kata Anies di lokasi.

Anies mengecek alat pemilah sampah dan air yang akan melalui Pintu Air Karet di dekat Rumah Pompa Jati Pinggir 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)
Anies mengecek alat pemilah sampah dan air yang akan melalui Pintu Air Karet di dekat Rumah Pompa Jati Pinggir 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)

Anies pun minta warga DKI untuk berperan aktif. Bila membutuhkan bantuan, dia menyarankan agar segera menghubungi pihak Pemprov DKI untuk diakomodir.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, kontak kami di 112, atau datang di kelurahan terdekat, akan dibantu respon, semua yang jadi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Meski demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklaim, pihaknya sudah bekerja keras meminimalisir korban bencana banjir ini sejak Selasa dini hari tadi.

Baca Juga

Polisi Fokus Pengamanan Banjir di Benhil, Ada Apa di Sana?

Lanjut Anies, anak buahnya sudah terjun ke lapangan, ada yang mengevakuasi korban ada pula yang membuat posko pengungsian. Sayangnya Anies tak menyebut total pengungsi akibat banjir saat ini.

"Jadi sejak dini hari, Seluruh jajaran pemprov bekerja di lapangan, untuk satu membantu evakuasi daerah terdampak, yang kedua membangun pos pengungsian di wilayah terdampak itu, pos kesehatan pasokan kebutuhan pokok masyarakat, Jadi Kita siapkan semua tempat," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH