Anies-Sandi Unggul pada Pemungutan Suara Ulang di TPS 29 Kalibata Petugas KPPS menghitung jumlah suara pada Pilkada DKI Jakarta. (Foto ANTARA/M Agung Rajasa)

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno memimpin perolehan suara pada perhitungan di TPS 29 RT 07/RW 05, Kalibata, Jakarta Selatan.

Pantauan merahputih.com, pasangan Anies-Sandi memperoleh 385 suara pada pemungutan suara ulang di TPS 29 Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (19/2). Menyusul pasangan nomor dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dengan 19 suara sementara pasangan nomor satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni hanya memperoleh 7 suara.

Sebelumnya, pada pemungutan suara pada tanggal (15/2) pasangan calon nomor urut 1 Agus-Sylvi memperoleh suara 77 suara, pasangan nomor 2 Ahok-Djarot memperoleh 29 suara, sedangkan pasangan Anies-Sandi mengumpulkan 345 suara dengan jumlah suara tidak sah 5 dan total surat suara 451.

Proses pemungutan suara ulang di TPS 29 Kalibata disaksikan langsung oleh calon gubernur nomor 3 Anies Baswedan.

"Kami berharap berjalan lancar tidak ada masalah. Meskipun hanya satu dua TPS yang diulang kami memastikan aspirasi warga di sini tidak tercederai," kata Anies.

Anies menjelaskan bahwa kerena kemarin telah terjadi masalah. Jadi ia tidak ingin masalah terjadi sehingga menimbulkan ketidakpercayaan pada pihak KPU.

"Karena kemarin di tempat ini ada beberapa masalah Kami tidak ingin ada ketidakpercayakan pada KPU. Untuk itu hari ini ada pengulangan pencoblosan dan perhitungan suara," ujarnya.

Sekretaris tim pemenangan Anies Basweda-Sandiago Uno, Syarif mengapresiasi dilakukannya pemungutan suara ulang.

Syarif menjelaskan meski hanya satu orang yang melakukan pelanggaran harus dilakukan pemungutan suara ulang. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Menurut saya ini suatu kemajuan yang sangat bagus untuk demokrasi kita. Meski hanya satu suara yang dianggap melanggar maka tetap harus diulang," katanya,

Sementara itu, Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno menyatakan kehadiran Anies di lokasi TPS 29 tidak masalah. Menurutnya, TPS merupakan tempat terbuka yang boleh didatangi siapapun termasuk calon Gubernur sekalipun.

"Ini kan tempat terbuka, siapapun boleh datang. Baik itu calon, bukan calon, pemilih, bukan pemilih, warga sini, warga tempat lain. Tidak ada masalah," kata Sumarno.

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menjelaskan hari ini dilakukan pemungutan suara ulang di dua tempat, yaitu TPS 001 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat dan TPS 29 di Kalibata, Jakarta Selatan. Sebab, ditemukan terjadi kecurangan di dua TPS tersebut.

"Dalam kasus kecurangan di TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, sepasang suami istri kedapatan menggunakan C6 orang lain. Sementara di TPS 29 Kalibata, terjadi dua kali pencoblosan oleh satu orang pemilih," jelasnya.

Betty menambahkan, hasil perolehan suara ini selanjutnya bakal dibawa ke panitia pemungutan suara tingkat kecamatan (PPK) untuk direkap dengan wilayah lain.

Baca juga berita lainnya mengenai Anies-Sandi di sini: Suara Anies-Sandi Bertambah di TPS 001 Kemayoran. (Abi)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH