Anies-Sandi Diminta Konsisten Tolak Reklamasi Anies Baswedan usai pencoblosan (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Anies Baswedan dan Sandiaga Uno baru akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Senin (16/10) pekan depan, namun beban berat dipastikan bakal ditanggung keduanya.

Salah satunya terkait janji manis Anies-Sandi ‎sewaktu kampanye yang berjanji akan menolak reklamasi di Teluk Jakarta.

"Kami meminta Gubernur dan Wakil Gubernur Anies-Sandi memegang teguh komitmen mereka untuk menghentikan reklamasi," ujar Presidium Gerakan Anak Negeri (GAN)‎, Pedri Kasman melalui siaran pers yang diterima MerahPutih.com, Kamis (12/10).

Pasalnya, Pedri menyebut proyek reklamasi bertentangan dengan prinsip pembangunan ramah lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

"Proyek ini kan sejak awal terindikasi bermasalah serius dari sisi kepatuhan terhadap perundangan-undangan dan perizinan yang lazim," jelas dia.

Dia menuding adanya korupsi di balik proyek yang menjadi program andalan sewaktu Jakarta masih dipimpin Basuki T. Purnama (Ahok).‎ Bahkan telah ada terpidananya dari oknum anggota DPRD DKI Jakarta yakni M. Sanusi dan dari pihak pengembang.

‎"Kasus ini jelas terindikasi mega korupsi yang melibatkan banyak pihak dan orang-orang besar di negeri ini. Maka harus dituntaskan dulu semua sengkarut memalukan ini," tegas Pedri.

Menurutnya, proyek tersebut sama sekali tak ada untungnya bagi rakyat banyak. Melainkan, hanya dinikmati bagi sekelompok elit dan komunitas tertentu.

"Apa pun ceritanya, kepentingan rakyat dan keselamatan lingkungan alam Indonesia jangka panjang adalah prioritas utama untuk diperjuangkan," tukas Pedri.

"Karena Pancasila adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan bagi segelintir orang," pungkasnya. (Pon)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH