Anies Revitalisasi JPO Sudirman, Didedikasikan untuk Nakes Meninggal akibat COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 Januari 2021
Anies Revitalisasi JPO Sudirman, Didedikasikan untuk Nakes Meninggal akibat COVID-19
Masyarakat yang melakukan aktivitas di JPO Sudirman Jakarta Pusat di malam hari, Rabu (6/11/2019) (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta akan merevitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) di Sudirman dan mendedikasikannya untuk petugas kesehatan yang meninggal akibat COVID-19.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, Gubernur Anies sudah melakukan sosialisasi kepada konsultan dan jajaran pemda perihal perombakan JPO di Sudirman itu.

Riza pun menerangkan, Gubernur Anies sudah menganggarkan revitalisasi JPO itu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2021.

Baca Juga:

Pimpinan DPRD Minta Anies Klarifikasi Soal Nasib Formula E

"Kita tunggu saja. Pokoknya JPO-nya oke, keren, baguslah pokoknya," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (29/1).

Tak hanya para pejalan kaki, pengakuan Riza, JPO itu juga diperuntukkan bagi pesepeda dengan menikmati pemandangan ibu kota.

"JPO-nya difungsikan juga sekaligus bagi pesepeda kemudian sekaligus juga di JPO itu nanti ada semacam tempat lah untuk mengenang para nakes yang meninggal karena COVID-19," jelasnya.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini mengatakan, revitalisasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Tapi, ia tak umumkan kapan pastinya.

JPO Sudirman yang sudah dibuka bagian atapnya, Rabu (6/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)
JPO Sudirman yang sudah dibuka bagian atapnya, Rabu (6/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)


Sambung Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, JPO Sudirman ini akan dilengkapi dengan anjungan pandang. Pada anjungan ini, akan ada galeri apresiasi pejuang COVID-19 dari tenaga kesehatan dalam melawan COVID-19.

Hari juga menuturkan, revitaliasasi JPO Sudirman juga dilakukan karena struktur jembatan yang memang perlu perbaikan.

Tapi kata Heri, pembangunan ini tidak menggunakan dana APBD melainkan memakai dana koefisiensi lantai bangunan (KLB).

Baca Juga:

Potong Penularan COVID-19, Anies Diberi 3 Mobil Lab PCR Corona

Lebih lanjut, JPO yang terletak di area CBD Karet Sudirman ini dibangun dengan konsep modern. Terdapat hub baru yang menyatukan pejalan kaki, pesepeda, serta pengguna transportasi publik.

JPO ini juga dilengkapi lif kapasitas 3.000 kg yang dapat mengangkut 8 sepeda sekaligus pengendara, maupun penyandang disabilitas yang membutuhkan serta dilengkapi bike lounge.

Di tengah JPO terdapat ruang berkumpul bertema kapal pinisi. JPO ini juga dilengkapi CCTV dan sensor beban pada anjungan untuk keamanan. (Asp)

Baca Juga:

Ketua DPC Minta Anies Mundur, Fraksi Gerindra: Bukan Suara Partai

#Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan